nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 WNA di DIY Masuk DPT, Bawaslu Maksimakan Verifikasi

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 10:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 510 2026421 11-wna-di-diy-masuk-dpt-bawaslu-maksimakan-verifikasi-sT9q8ssn64.jpg Ilustrasi daftar pemilih tetap. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

YOGYAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan ada 11 warga negara asing (WNA) masuk daftar pemilih tetap (DPT). Saat ini Bawaslu terus melakukan pelacakan terhadap ke-11 WNA tersebut.

"Ini ada tambahan satu lagi, jadi ada 11," kata Ketua Bawaslu DIY Bagus Sarwono, Rabu (6/3/2019).

Ia mengatakan, dari 11 WNA itu, 3 di antaranya diketahui dari temuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tiga ini berada di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan 1 di Gunungkidul. Sedangkan 7 lainnya berasal dari Bantul.

"Yang baru ini saya lupa. Data akumulasi ada 11," tutur Bagus.

(Baca juga: KPU Telusuri 103 WNA yang Dikabarkan Masuk DPT)

Atas temuan ini, Bawaslu DIY meminta seluruh petugas di kabupaten/Kota untuk melakukan pencermatan. Prinsipnya, WNA yang masuk DPT harus dicoret. WNA tidak memiliki hak memberikan suara dalam pemilu dan pilpres yang akan dilaksanakan pada Rabu 17 April 2019.

Daftar pemilih tetap. (Foto: Okezone)

Bawaslu juga meminta Bawaslu di kabupaten/kota untuk memaksimalkan verifikasi dan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Sejauh ini yang aman baru dari wilayah Kabupaten Kulonprogo.

"Kita masih terus lakukan pencermatan terhadap data yang ada," ucap Bagus.

(Baca juga: WNA Asing Disebut Masuk DPT, Bawaslu dan KPU Jabar Data Ulang Pemilih)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul Didik Joko Nugroho, yang dikonfirmasi terkait 7 WNA di sana masuk DPT, belum bisa memberikan keterangan lebih rinci.

Saat ini KPU Bantul melakukan koordinasi dengan Bawaslu terkait permasalahan tersebut. "Kita sedang cermati ulang DPT kita dan berkoordinasi dengan Bawaslu," tutur Didik.

(han)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini