Partai Politik yang Mencalonkan Kakak Raja Thailand sebagai Perdana Menteri Dibubarkan

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 07 Maret 2019 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 07 18 2027107 partai-politik-yang-mencalonkan-kakak-raja-thailand-sebagai-perdana-menteri-dibubarkan-y0sRZa3ejv.jpeg Putri Kerajaan Thailand Ubolratana Barnavadi. Foto/Reuters

BANGKOK - Pengadilan tinggi Thailand membubarkan partai politik oposisi yang mencalonkan kakak perempuan raja, Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi (65) sebagai calon perdana menteri.

Partai Thai Raksa Chart pada Jumat 7 Februari 2019 mengumumkan bahwa Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi (67) akan menjadi kandidat perdana menteri untuk pemilu 24 Maret.

Para pengamat mengatakan pembubaran partai akan mempersulit pendukung PM Thaksin Shinawatra yang diasingkan, untuk memenangkan pemilihan nasional yang dijadwalkan akhir bulan ini.

Foto/Reuters

Mengutip BBC, Kamis (7/3/2019) Thailand dijalankan oleh militer setelah melakukan kudeta lima tahun lalu.

Baca: Transgender Diajukan Menjadi Calon Perdana Menteri Thailand

Baca: Putra Mantan PM Thailand Didakwa Atas Kasus Pencucian Uang

Mahkamah Konstitusi, yang mengeluarkan putusan, mengatakan pencalonan Putri Ubolratana mengancam netralitas kerajaan Thailand.

Anggota dewan eksekutif partai dilarang berpolitik selama 10 tahun, dan tidak mencalonkan diri pemilihan.

Pemilihan Maret akan menjadi yang pertama sejak Perdana Menteri saat ini, Prayuth Chan-ocha, mengambil alih kekuasaan dalam kudeta militer pada 2014 dengan menggulingkan pemerintah yang terpilih secara demokratis.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini