Foto-Foto Memukau Gelombang Supersonik yang Diabadikan NASA

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 08 Maret 2019 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 08 18 2027408 foto-foto-memukau-gelombang-supersonik-yang-diabadikan-nasa-SqpLQEWLha.jpg Foto NASA

CALIFORNIA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA berhasil mengabadikan gelombang supersonik yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam gambar foto yang memukau.

Hasil foto itu merupakan bagian dari penelitian pesawat yang dapat terbang lebih cepat daripada suara tanpa ledakan sonik.

Subjek dari foto adalah dua pesawat T-38 yang terbang dalam penerbangan supersonik, mereka terbang dengan jarak 10 meter satu sama lain. Foto-foto itu diambil oleh B-200 King Air milik NASA yang terbang 600 meter di atas jet supersonik.

Mengutip laman NASA via AFP, Jumat (8/3/2019) pemotretan dilakukan di Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA di California, dengan menggunakan dua pesawat jet T-38 supersonik.

Foto/NASA

Sedangkan pesawat lainnya yang berjarak sembilan meter bertugas untuk memotret kedua pesawat dengan kamera canggih berkecepatan tinggi.

BacaRiset NASA: Bumi Lebih Hijau Dibanding 20 Tahun Lalu Berkat Penanaman Pohon

“Kami tidak pernah bermimpi bahwa akan sejelas ini, seindah ini,” kata JT Heineck, seorang ilmuwan fisik di Ames Research Center NASA, dalam sebuah pernyataan .

“Saya sangat gembira bagaimana foto ini. Kami berhasil meningkatkan kecepatan dan kualitas foto citra kami dari penelitian sebelumnya. “

Foto/Okezone

Tim menggunakan sistem kamera yang dikembangkan dengan bidang tangkapan yang lebih luas dan juga menaikkan kapasitas memori, yang memungkinkan mereka untuk menangkap 1.400 frame per detik.

Gambar tidak luar biasa, mereka juga penuh dengan data yang berguna. Para peneliti akan menggunakannya untuk mengkonfirmasi desain pesawat X-59 Quiet SuperSonic Technology X-NASA, atau X-59 QueSST.

Foto/NASA

Kendaraan eksperimental itu akan terbang supersonik, tetapi tidak akan menghasilkan ledakan sonik yang keras. Menghilangkan ledakan sonik akan membuatnya layak diperhitungkan untuk merubah pembatasan terbang pesawat supersonik diatas daratan.

Ledakan gelombang supersonik mampu membuat kerusakan, seperti jendela yang hancur.

Beberapa negara dan kota melarang pesawat Perancis-Inggris dari wilayah udara mereka karena dampak gelombang supersonik, termasuk AS.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini