nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PWI: Media Harus Buktikan Tak Tercebur di Kekeruhan Pemilu

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 22:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 09 512 2027924 pwi-media-harus-buktikan-tak-tercebur-di-kekeruhan-pemilu-pHaa7x6xfR.jpg Ilustrasi Jurnalis (Foto: Istimewa)

SEMARANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah menilai banyak pihak yang berkomentar media tak lagi independen dalam memberitakan pemilu.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud mengungkapkan pemilu sekarang ini menimbulkan dikotomi tersendiri. Menurutnya tenaga dan pikiran semu pihak seolah hanya terfokus pada pemilihan presiden, meski pemilihan legislatif juga diselenggarakan di waktu dan tempat yang sama.

"Pemilu serentak yang di dalamnya juga ada pilpres memunculkan dikotomi publik. Seakan-akan, semua tenaga dan pikiran kita tercurah ke pilpres. Media harus bisa membuktikan tak tercebur dalam kekeruhan pemilu," kata Amir dalam acara yang dikemas sebagai Malam Apresiasi Legislator 2019 di Semarang, Sabtu (9/3/2019).

Baca Juga: Melihat Angka Kawasan Kumuh di Kota Semarang

Sementara itu, Mochamad Herviano, Caleg Dapil (Daerah Pemilihan) Jateng I dari PDI Perjuangan berhasil meraih predikat Caleg Milenial. Ia dianggap mampu bersinergi dengan rakyat di Dapilnya dan menjaga hubungan yang erat antara pemangku kepentingan di Wilayah Jawa Tengah, untuk itu PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Wilayah Jawa Tengah menganugerahi Vino panggilan akrabnya sebagai Caleg Milenial yang memiliki keperdulian dan komitmen yang tinggi terhadap nasib konstituen di daerah pemilihannya.

Mochamad Herviano mengapreasi atas penghargaan dari PWI Jateng. “Pertama-tama kami ucapkan Alhamdulillah puji syukur atas karunia gusti Allah. Ini suatu penghargaan dari PWI yang kami sebagai pribadi tentu sangat merasa bangga dan mengapresiasi atas penghargaan kepada kami,” kata Herviano.

“Namun sejujurnya ini juga merupakan suatu beban, beban yang pastinya menambah kami lebih semangat dalam bergerak dalam mengakomodir dan mendampingi problematika di masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengutarakan bahwa penghargaan sebagai caleg pendatang baru atau milenial juga menjadikan motivasi untuk terus berjuang mengajak generasi muda menjaga keharmonisan di tengah perbedaan dalam dinamika Pemilu 2019.

“Yang pasti kami sendiri kebetulan sebagai generasi muda pastinya mencoba menangkap apa yang menjadi aspirasi teman-teman di segala bidang. Kami juga mengajak seluruh teman-teman untuk menjaga keharmonisan di dalam perbedaan kita yang luar biasa sesuai dengan semangat Pancasila, itu yang paling penting,” tukas Caleg PDIP Dapil Jateng I ini. Baca Juga: Berkesan Mistis, Patung di Selogiri Wonogiri Akan Diganti

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini