nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Analisis BMKG soal Gempa Magnitudo 5,8 di Sumut

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 01:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 12 608 2028705 analisis-bmkg-soal-gempa-magnitudo-5-8-di-sumut-wKAfXF7e4S.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

MEDAN – Wilayah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) dan Kepulauan Nias, diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 5,8 Magnitudo, Senin (11/3/2019) malam.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 23.34.29 WIB dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,11 LU dan 98,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 km arah barat daya Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 76 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan resminya menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di magathrust.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault)," katanya.

Guncangan gempabumi ini, lanjut Rahmat, dilaporkan dirasakan di daerah Aek godang, Gunungsitoli Nias, dan Teluk Dalam dalam skala intensitas II -III MMI, serta Aceh Singkil II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," katanya.

Hingga pukul 23.54 WIB, kata Rahmat, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Baik melalui website maupun akun resmi sosial media BMKG," ujarnya.

(Baca Juga : Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Padangsidimpuan Sumut, Tak Berpotensi Tsunami)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini