nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iseng Tanam Ganja untuk Dikonsumsi Sendiri, Pria Pengangguran Diringkus Polisi

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 23:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 13 525 2029604 iseng-tanam-ganja-untuk-dikonsumsi-sendiri-pria-pengangguran-diringkus-polisi-391VPzLKH3.jpg Seorang Warga Ciparay, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung Ditangkap karena Tanam Ganja (foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Berawal dari iseng, mencoba membudi daya ganja, seorang pria berinisial EK (49) warga Ciparay, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, diamankan Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung.

Dari pelaku polisi amankan dua pot, yang masing-masingnya berisi tiga batang tanaman ganja.

(Baca Juga: Polisi Tangkap Pengedar Sabu 6 Kg Pakai Bungkus Abon Lele) 

"Usia tanamnya baru tiga bulan," ujar Kasat Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Nurmansyah, saat ungkap kasus di Mako Satresnarkoba, Jalan Sukajadi, Rabu (13/2/2019).

Irfan mengatakan, dari hasil keterangan pelaku, tanaman ganja ini mulai di tanam sekira bulan Januari 2019, kemarin.

Seorang Warga Ciparay, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung Ditangkap karena Tanam Ganja (foto: CDB Yudistira/Okezone)	 

Adapun ganja tersebut, sengaja ditanam oleh pelaku. Pria tuna karya itu mengaku biji ganja tersebut, didapat dari seorang kerabatnya yang saat ini mendekam di balik jeruji besi, karena tersandung kasus pengedar sabu-sabu.

Pelaku membeli biji ganja tersebut, saat menjelang malam pergantian tahun 2018, lalu. Kemudian pelaku dengan sengaja menanam biji ganja tersebut.

"Di taruh di kamarnya. Satu pot berada di dalam dan satu potnya lagi berada di luar dengan di tutup kurungan burung," katanya.

Untuk harga biji ganja tersebut, pelaku membeli seharga 100 ribu rupiah. Pelaku juga mengaku pohon ganja tersebut, untuk dikonsumsi oleh dirinya sendiri.

Sementara pelaku EK mengatakan ganja tersebut, belum dapat dikonsumsi. Dari pengetahuannya, usia tanaman ganjanya belum untuk dipanen.

(Baca Juga: Transaksi Sabu di Parkiran Motor Bank, Karyawan Swasta Ditangkap) 

"Paling saya pernah coba untuk dipetik dan dijadikan minuman. Airnya agak keruh tapi enggak ada efeknya cuma enak aja ke badan," kata ayah dua anak tersebut.

EK pun kini harus mendekam di ruang tahanan Satresnarkoba Polrestabes Bandung. Polisi terapkan pasal 111 ayat (2) UURI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan sanksi pidana penjara paling lama 20 tahun penjara.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini