nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Selandia Baru Mendapat Bogem Mentah di Wajah dalam Perjalanan ke Parlemen

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 21:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 18 2030148 menteri-selandia-baru-mendapat-bogem-mentah-di-wajah-dalam-perjalanan-ke-parlemen-w59a3hSFq8.jpg Menteri Perubahan Iklim Selandia Baru, James Shaw. (Foto: BBC)

WELLINGTON – Menteri Perubahan Iklim Selandia Baru, James Shaw diserang dalam perjalanan ke gedung parlemen pada Kamis pagi. Pria berusia 45 tahun itu dilaporkan mendapat bogem mentah di wajahnya dan tidak menderita luka serius.

Penyerangan terhadap Shaw segera mendapat reaksi dari Perdana Menteri Jacinda Ardern yang mengatakan bahwa “di Selandia Baru tidak ada yang menyangka hal seperti itu akan terjadi”.

Selandia Baru dikenal sebagai negara yang memiliki keterbukaan politik yang tinggi di mana warga dapat dengan mudah mendekati para anggota parlemen dan politisinya.

"Kami memiliki lingkungan di Selandia Baru di mana politisi dapat diakses dengan mudah, dan itu sesuatu yang kami harus bangga," kata Ardern kepada wartawan sebagaimana dilansir BBC, Kamis (14/3/2019).

"Bagaimanapun juga, kita di sini untuk melayani orang-orang. Tetapi insiden hari ini benar-benar menunjukkan bahwa kita tidak dapat hal itu menerima begitu saja."

Polisi dilaporkan telah menangkap seorang pria berusia 47 tahun terkait penyerangan terhadap Shaw dan akan disidangkan pada Jumat.

Seorang juru bicara Partai Hijau menggambarkan serangan itu tidak beralasan dan mengatakan Shaw, yang menderita lebam di matanya, telah pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan pencegahan.

Masih belum jelas apakah serangan terhadap Shaw bermotivasi politik, tetapi Menteri Perdagangan David Parker mengatakan kepada media setempat bahwa penyerang itu "meneriakkan banyak hal tentang PBB".

Anggota parlemen dari semua kelompok politik menyatakan kaget dan prihatin atas insiden tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini