Kemenpar Suguhkan Tari Gandrung Banyuwangi di MATTA Fair 2019

Abu Sahma Pane, Okezone · Senin 18 Maret 2019 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 1 2031443 kemenpar-suguhkan-tari-gandrung-banyuwangi-di-matta-fair-2019-NOkfVdH5Sj.jpg Foto: dok.Kemenpar

KUALA LUMPUR – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyuguhkan Tari Gandrung Banyuwangi di pameran International MATTA Fair 2019 di Hall 1M Putra World Trade Cente, Kuala Lumpur, Sabtu (16/3/2019).

Tari tradisional tersebut pun langsung banjir pujian, salah satunya datang dari Director General of Tourism Malaysia Datuk Musa Yusof, dan President of MATTA Datuk Tan Kok Liang. Mereka memberi emoji tiga jempol untuk tarian khas daerah berjuluk Sunrise of Java itu. “Show yang sangat berkelas. Salut untuk Banyuwangi,” ucap Datuk Musa Yusof.

“Bagus. Sangat bagus. Saya kira traveller Malaysia harus datang ke Banyuwangi untuk melihat dari dekat Tari Gandrung,” timpal Datuk Tan Kok Liang . 

Di MATTA Fair 2019, penampilan Gandrung Banyuwangi memang sangat berkelas. Suguhannya tak kalah dengan penampilan sebelumnya di Remarkable Indonesia Fair yang dihadiri oleh 2.000 pengusaha dan masyarakat Chicago, Kentucky, Illinois, dan Minnesota, Amerika Serikat (AS). Sekitar 15 menit semua audience dari berbagai negara dibuat senyap. Sebagian ada yang sibuk berfoto. Sebagian lagi terlihat megabadikannya ke dalam format video.

"Penampilan Tari Gandrung di Malaysia adalah kehormatan dan kebanggaan bagi Banyuwangi. Merupakan apresiasi yang tinggi dari pemerintah pusat dan dunia terhadap seni-budaya Banyuwangi. Lewat branding Banyuwangi di luar negeri seperti ini, kami berharap bisa mendatangkan turis Malaysia ke Banyuwangi,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

 

Sementara Menpar Arief Yahya pun ikutan sumringah. Dia mengaku kembali teringat dengan momentum di ITB Berlin awal Maret 2019. Saat itu, bus-bus di Berlin salah satunya juga ikut dibungkus dengan penampilan Gandrung Banyuwangi.

”Ini saya sebut menjemput momentum. Timing pas, saat pelaku industri pariwisata, buyers, investor sedang berkumpul di Malaysia. Lewat branding Wonderful Indonesia, kita promosikan beragam pesona Indonesia untuk menggaet turis Malaysia dan Asia ke Indonesia,” kata pungkasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini