nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riau Dikepung 156 Titik Panas dan Kota Dumai Diselimuti Asap

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 18:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 19 340 2032250 riau-dikepung-156-titik-panas-dan-kota-dumai-diselimuti-asap-ysl3OyWz6R.jpg Kebakaran hutan di Riau (Dok Manggala Agni)

PEKANBARU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 156 hotspot atau titik panas di Riau berdasarkan pantauan satelit, Selasa (19/3/2019) sore. Titik panas tersebut tersebar di 11 kabupaten dan kota.

Banyaknya titik panas mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan masih luas, sehingga berdampak pada munculnya kabut asap. Kota Dumai paling parah diselimuti kabut asap dengan jarak pandang hanya 4 kilometer.

"Kebakaran menyebabkan visibility (jarak pandang) di Kota Dumai hanya 4 kilometer," kata prakirawan atau Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami.

BMKG menyebutkan hotspot terpantau di Kabapaten Bengkalis sebanyak 38 titik, Kabupaten Kepulauan Meranti 29 titik panas. Kemudian di Kabupaten Kampar ada dua titik.

 

"Di Kota Dumai yang diselimuti asap terpantau 16 titik, Kabupaten Pelalawan 37 titik dan Kabupaten Siak terdeteksi ada tujuh hotspot," ujarnya.

Titik panas juga terdeteksi 17 titik di Kabupaten Rokan. Di Kabupaten Rokan Hulu ada dua titik, Kabupaten Indragiri Hilir ada tiga titik.

Sedangkan di Pekanbaru terpantau satu hotspot dan Kabupaten Indragiri Hulu ada empat titik. Hanya Kabupaten Kuansing tidak ditemukan titik panas.

Jumlah titik panas sore ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tadi pagi banyak hanya terpantau 86 titik.

Provinsi Riau saat ini sudah berstatus darurat kabut asap. 10 helikopter dan satu pesawat sudah dikerahkan membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini