nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Raya Lumajang-Malang Terputus Akibat Tebing 5 Meter Longsor

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 09:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 21 519 2032940 jalan-raya-lumajang-malang-terputus-akibat-tebing-5-meter-longsor-ETrPWkUGvG.jpg Tebing longsor memutus akses Jalan Raya Lumajang-Malang. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG – Jalan raya yang menghubungkan Malang dengan Lumajang terputus sejak Kamis dini hari tadi. Terputusnya jalan itu akibat tertutup longsoran tebing setinggi 5 meter. Longsor tepatnya terjadi di Kilometer 57, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, dan menutup seluruh akses jalan raya.

Kepala Bidang Penanggulangan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi mengatakan, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Candipuro, Lumajang, dalam kurun tiga hari terakhir. Akibatnya, permukaan tanah labil sehingga terjadi longsor dan menutup seluruh badan jalan.

"Longsoran terjadi di Desa Sumberwuluh KM 57 Jalur Lumajang–Malang dengan tinggi 5 meter, panjang 15 meter, lebar 6 meter," kata Wawan.

(Baca juga: 12 Korban Longsor di Papua Berhasil Dievakuasi, 7 Meninggal Dunia)

Ilustrasi tanah longsor. (Foto: Ist)

Longsoran tanah itu, menurut dia, menutupi seluruh badan jalan dan membuat lalu lintas Lumajang–Malang melalui Dampit menjadi terputus total.

"Kami BPBD semalam pukul 01.00 WIB menerima laporan dari warga bahwa longsor terjadi dan menutup akses Jalan Lumajang–Dampit, Malang. Sejak pukul 01.30 sudah kita lakukan tindakan," ujar Wawan melalui pesan singkatnya.

(Baca juga: Hujan Deras Picu Longsor di Karanganyar, 1 Orang Tewas Tertimpa Pohon)

Ia menambahkan, pembersihan material longsoran sampai saat ini masih dilakukan petugas di lokasi kejadian. Petugas mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan tanah dan batu dari badan jalan.

"Informasi lain masih menunggu perkembangan di lokasi," ucap Wawan.

Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa atau luka. Sebab ketika longsor terjadi, jalan dalam kondisi sepi, tak ada pengendara yang melintas.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini