nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baca Surah Asy-Syura, Arcandra Tahar Ajak Milenial Minang Lakukan 4 Hal Ini

Rus Akbar, Jurnalis · Minggu 24 Maret 2019 05:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 24 340 2034134 baca-surah-asy-syura-arcandra-tahar-ajak-milenial-minang-lakukan-4-hal-ini-AP7QnzjwHw.jpg Archandra Tahar (Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar hadir dalam Festival Milenial 2019 di Cimpago, Kota Padang, Sumatera Barat. Dia mengajak masyarakat Minang melawan hoaks dan fitnah yang bisa memicu perpecahan.

Arcandra ikut membaca Surah Asy-Syura di depan ribuan milenial dalam festival, Sabtu (23/3/2019).

“Itu ayat yang sangat bagus menggambarkan kondisi kita saat ini, semoga ayat itu bisa mengingatkan kita semua. Ada tujuh ayat pendek-pendek dan ayatnya sangat indah,” kata dia.

Arcandra mengingatkan semua pihak agar jangan lupa belajar ilmu agama dan membaca Alquran, kemanapun pergi itu jangan dilupakan.

“Harapan kami Minang bersatu dan bangkit untuk melawan empat hal. Yang pertama kita lawan berita-berita fitnah yang selama ini tidak benar,” ujarnya pria asal Sumatera Barat itu.

Kedua, dia mengajak untuk tidak lagi berprasangka buruk kepada sesama. Ketiga, tidak mencari-cari kesalahan manusia.

“Keempat kita harus bangkit dari persoalan kita menggibahi saudara kita sendiri, baik itu berupa cerita-cerita yang tidak benar maupun yang cerita-cerita yang diyakini benar, tapi belum tentu kebenarannya,” katanya.

Menurutnya keempat hal itu harus dilakukan masyarakat terutama milenial untuk memajukan bangsa.

Arcandara juga mengingatkan masyarakat Minang agar memegang filsafat Minangkabau yakni ‘adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah atau adat berdasarkan agama, agama berdasarkan kitab Allah’.

“Sesama milineal tantangan global ini harus kita sikapi kerja keras, kerja cerdas,” katanya.

Dia mengajak anak muda belajar lebih banyak dan tidak takut tantangan. “Cari pengalaman, jangan takut akan persaingan bila perlu merantaulah jauh, cari ilmu, carilah pengalaman, suatu saat pulanglah bangunlah negeri ini,” tutur pria yang pernah mengenyam pendidikan di Amerika Serikat itu.

Buya Masoed Abidin, tokoh agama dari Sumatera Barat memberikan penghormatan kepada Arcandra Tahar.

"Saya menyampaikan penghormatan khusus Wamen, kita berbangga karena beliau menampakan identitas masyarakat Sumatera Barat yang memilik adat ‘basandi syarak, syarak basandi kitabullah’ dan beliau terapkan itu dengan membaca ayat suci," katanya.

Festival Milenial di Padang ikut dimeriahkan penampilan sejumlah artis seperti Ria Ricis, Pee Wee Gaskins, Afgan dan Shaggydog.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini