Caleg DPR RI dari Perindo Blusukan ke Kamar Mandi Warga Berantas Nyamuk DBD

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 09:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 26 606 2034988 caleg-dpr-ri-dari-perindo-blusukan-ke-kamar-mandi-warga-berantas-nyamuk-dbd-3wWHrpj295.jpg (Foto: Taufik Budi/Okezone)

SEMARANG – Caleg DPR RI, Syafril Nasution blusukan ke kamar mandi warga Bancak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah untuk memberantas jentik-jentik nyamuk aedes aegypti. Langkah itu sebagai pencegahan dari demam berdarah dengue (DBD).

Berbekal senter, Syafril mencermati bak mandi. Matanya tajam melihat air yang terlihat setengah memenuhi bak mandi berbahan cor beton tersebut. Ember berisi air di samping bak tak luput dari sorotan senter.

“Perlu di-fogging, karena ada nyamuk juga (di kamar mandi),” ujar Syafril Nasution, Selasa (26/3/2019).

Foto: Taufik Budi/Okezone

Dia segera keluar kamar mandi untuk meminta alat fogging yang digendong seorang petugas Rescue Perindo. Seketika suara alat fogging menyalak keras setelah dinyalakan. Diiringi semburan asap pekat berwarna putih.

Alat seberat sekira 15 kilogram itu lantas digendong Syafril untuk diarahkan ke kamar mandi. Bangunan berukuran 2x1,5 meter per segi langsung dipenuhi asap putih. Setelah dirasa cukup, alat moncong alat fogging beralih ke lingkungan sekitarnya. Lahan kosong dan kebun tanaman tak luput dari pengasapan.

Foto: Taufik Budi/Okezone

(Baca juga: Caleg Perindo Tampung Aspirasi Warga soal Pengairan dan Pengangguran di Bekasi)

“Kita langsung melihat di mana jentik-jentik nyamuk tadi. Makanya kita langsung masuk ke kamar mandi melihat jentik-jentik itu kita lakukan pembasmian di situ sehingga benar-benar efektif,” ujarnya.

Warga menyambut baik kegiatan itu karena dinilai ampuh memberantas nyamuk. Mereka turut memandu petugas fogging untuk mengasapi lokasi yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Sejumlah Caleg Partai Perindo yang hadir bersosialisasi dengan warga sekaligus mengajak untuk meningkatkan pola hidup sehat.

Foto: Taufik Budi/Okezone

“Tidak hanya sembarang semprot (fogging). Jadi semua kita berikan fogging dengan harapannya tidak akan bertambah lagi korban DBD,” kata Wakil Ketua Umum Partai Perindo tersebut.

Terdapat ratusan rumah yang di-fogging petugas Rescue Perindo bersama DPD Partai Perindo Kabupaten Semarang. Aksi sosial itu respons atas permintaan warga yang mengeluhkan ancaman DBD. Apalagi, terdapat warga yang dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit yang disebarkan nyamuk ini.

“Dengan fogging ini semoga bisa memberikan rasa aman bagi warga. Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan kesehatan masyarakat di antaranya dengan fogging seperti ini. Ada pula layanan ambulans gratis,” imbuh Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Semarang, Andhi Supriyadi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini