nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buruh Harian Ditangkap Polisi usai Ketahuan Bakar Lahan

Ade Putra, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 09:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 28 340 2035973 buruh-harian-ditangkap-polisi-usai-ketahuan-bakar-lahan-12xKoXdgCp.jpg Ilustrasi KEbakaran Lahan (Foto: Okezone)

MEMPAWAH - Jajaran Polres Mempawah meringkus RS, seorang buruh yang diduga sebagai pelaku pembakaran lahan Kebun Nanas di Jalan Tengah TPA Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. RS diamankan di kediamannya, Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, kemarin.

"Kejadian bermula saat RS berniat ingin membuka lahan perkebunan miliknya untuk ditanami nanas. Dia membuka lahan perkebunan miliknya dengan cara dibakar. Namun karena tiupan angin yang begitu kencang ditambah kondisi cuaca panas, api semakin membesar dan menjalar ke lahan warga lainya," kata Kasat Reskrim Polres Mempawah AKP Sutrisno, Kamis (28/3/2019).

Melihat api semakin membesar, kata Sutrisno, warga lainnya mencoba melakukan pemadaman. Namun sia-sia. Sehingga warga melaporkan kebakaran lahan perkebunan milik warga itu ke Polsek Sungai Pinyuh untuk meminta bantuan.

"Dari itu kami melakukan penyelidikan. Setelah melakukan pemeriksaan kepada saksi-saksi akhirnya pelaku pembakaran diketahui adalah RS. Saat diperiksa, RS mengakui apa yang telah dilakukannya," jelas Sutrisno.

Kebakaran

Baca Juga: Sekuriti Ini Ditangkap Polisi karena Bakar 8 ha Lahan di Kalteng

Lahan milik warga yang terbakar akibat ulah RS sekitar satu hektar. Dalam lahan itu masih ada tanaman nanas yang kemudian ikut hangus. Pemilik lahan mengalami kerugian Rp50 juta.

Atas kejadian ini, Sutrisno mengimbau warga yang akan melakukan aktivitas membuka lahan untuk berkebun, sebaiknya jangan dengan cara pembakaran. Karena jika sudah terjadi kebakaran maka api akan sulit dipadamkan. Akibatnya sangat menyusahkan orang banyak dan mahluk hidup lainnya.

Sementara untuk pelaku pembakaran, akan dikenakan Pasal 108 junto 69 dan atau Pasal 99 UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Atau Pasal 107 jo Pasal 56 UU Nomor 39 Tahun 2014 tentang perkebunan dan atau pasal 187 KUHP.

Baca Juga: 12 Warga Ditetapkan Tersangka Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini