Share

Zuzana Caputova Jadi Perempuan Presiden Pertama Slovakia

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 01 April 2019 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 01 18 2037651 zuzana-caputova-jadi-perempuan-presiden-pertama-slovakia-l4CsGGigKW.jpg Zuzana Caputova. (Foto: Reuters)

BRATISLAVA – Kandidat antikorupsi Zuzana Caputova memenangi pemilihan presiden Slovakia dan menjadi perempuan presiden pertama sepanjang sejarah negara itu.

Caputova yang hampir tidak memiliki pengalaman politik mengalahkan kandidat kuat termasuk diplomat Maros Sefcovic dalam pemilihan putaran kedua pada Sabtu. BBC, Senin (1/4/2019) melaporkan, dia memperoleh 58 persen suara berbanding dengan 48 persen yang diperoleh Sefcovic.

Perempuan berusia 45 tahun itu menggambarkan pemilihan Slovakia kali ini sebagai pertempuran antara kebaikan dan kejahatan. Dia mengatakan bahwa pembunuhan jurnalis Jan Kuciak yang menyelidiki hubungan antara politikus Slovakia dengan organisasi kriminal pada 2018 lalu, sebagai alasannya mencalonkan diri.

Sefcovic yang merupakan lawan dari Caputova dicalonkan oleh Partai Smer-SD yang dipimpin oleh Robert Fico, mantan perdana menteri yang dipaksa mundur menyusul pembunuhan terhadap Kuciak.

Caputova, seorang janda dan ibu dari dua orang anak adalah anggota dari Partai Progresif Slovakia yang tidak memiliki kursi di parlemen. Mantan pengacara itu diperkirakan akan mendapat serangan dari partai-partai dominan menjelang pelantikannya pada 15 Juni mendatang, saat masa bakti Presiden Petahana Andrej Kiska berakhir.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini