nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pejabat Keamanan Israel Tak Sengaja Tinggalkan Dokumen Rahasia di Restoran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 05 18 2039464 pejabat-keamanan-israel-tak-sengaja-tinggalkan-dokumen-rahasia-di-restoran-jQ5Y4GVnV4.jpg Foto: Reuters.

TEL AVIV - Seorang pejabat keamanan Israel secara tak sengaja meletakkan sebuah dokumen rahasia terkait penjualan senjata di tempat yang tidak seharusnya menjelang perjalanannya ke India. Dokumen sensitif itu ditemukan di sebuah restoran di mana delegasi Israel makan malam.

Penasihat Keamanan Nasional (NSA) Meir Ben Shabbat melakukan perjalanan dengan delegasi ke India pada Januari, di mana ia bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan pejabat keamanan India. Namun, perjalanan itu dilaporkan tidak diawali dengan mulus setelah salah seorang ajudan Shabbat meninggalkan dokumen terkait kemungkinan kesepakatan perdagangan senjata dengan New Delhi di sebuah restoran tempat mereka makan malam.

Diwartakan RT, Jumat (5/4/2019) informasi rahasia ditemukan oleh seorang pelayan, yang kebetulan memiliki seorang teman yang ibunya bekerja untuk Kedutaan Besar Israel di India. Teman pelayan kemudian terbang ke New Delhi dan memberikan ibunya dokumen, yang kemudian dia sampaikan kepada petugas keamanan di kedutaan.

Investigasi terhadap kejadian yang memalukan itu mengungkap bahwa dokumen yang hilang sempat hilang tersebut ternyata tidak merusak keamanan Israel. Ajudan yang dituduh kehilangan dokumen itu telah diberi peringatan.

"Insiden itu segera diatasi, penyelidikan keamanan dilakukan dan pelajaran dipetik," kata Kantor Perdana Menteri Israel kepada Haaretz.

Israel telah mengalami beberapa insiden terkait rahasia negaranya dalam beberapa waktu belakangan. Pada Juli, seorang pencuri membawa kabur mobil milik atase militer IDF. Mobil itu kemudian ditinggalkan, tetapi beberapa barang dari dalam mobil telah dicuri - termasuk laptop yang berisi data sensitif.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini