nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar Youtefa Terbakar, Pedagang Kesal Warga Hanya Sibuk Ambil Foto

Edy Siswanto, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 22:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 07 340 2040310 pasar-youtefa-terbakar-pedagang-kesal-warga-hanya-sibuk-ambil-foto-tOdAlsrstR.jpg Pasar Terbakar (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

JAYAPURA - Ratusan lebih lapak dan Los jualan pedagang di Pasar Youtefa Abepura malam ini ludes terbakar.

Kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek dari Los penjual elektronik Arangkos yang berada di bagian tengah Pasar.

Warga dengan alat alakadarnya mencoba memadamkan api menggunakan air dari Got yang ada di pasar tersebut.

Pantauan dilapangan, Warga juga berupaya menyelamatkan mushala yang ada di dalam pasar tersebut. Posisi Mushola mepet dengan bangunan Los pasar yang terbakar. Warga terpaksa merusak Los yang berdempetan dengan mushola itu. Sekitar 10 warga berupaya menghalau rembetan api.

Beruntung, mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Jayapura tiba di lokasi untuk memadamkan api, meski akibat lokasi hydran yang jauh, membuat pemadaman terlambat.

Baca Juga: Pasar Enjo Jaktim Terbakar, 9 Orang Sempat Terjebak


(Foto: Ilustrasi Kebakaran/Okezone)

Kapolsekta Abepura, AKP. Clief Gerald. P. Duwith,S.IK kepada Okezone mengungkap kebakaran tersebut.

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 WIT, api berasal dari Los bagian dalam dan informasi yang kami himpun sementara, api dari Los elektronik," kata Clief, Minggu (7/4/2019) malam.

Dijelaskan, Delapan mobil pemadam kebakaran bersama mobil warna Canon milik Polda Papua diturunkan memadamkan api.

"Tim berupaya memadamkan api, Brimob juga ikut membackup. Dan saat ini masih berlangsung," kata Kapolsekta sekitar pukul 20.25 WIT tadi.

Sementara itu, Bangun, warga sekaligus pedagang di pasar ini mengungkapkan kekesalannya. Menurutnya,  banyak warga yang justru hanya menonton dan sibuk merekam dengan handphone yang mengganggu proses pemadaman.

"Coba mereka ini membantu kah, atau tidak usah ada disini kalau hanya mau live-live dengan Hp. Tambah lagi mereka ini bikin macet, mengganggu mobil pemadam yang mau masuk. Ini bukan tontonan," ungkapnya kesal.

Dikatakan pula, kejadian kebakaran tersebut terjadi saat aktivitas di pasar sepi. "Sudah sepi pak, jam itu kebanyakan sudah pada pulang,"katanya.

Jumlah Los pasar termasuk lapar jualan diperkirakan 100 lebih yang terbakar, dari sekitar 200- an jumlah Los dan lapak jualan di bagian tengah Pasar Youtefa. Salah satu yang turut ludes adalah Teras BRI Abepura yang berada di lokasi ini.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini