nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelar Latihan Penanggulangan Teror, Panglima Tegaskan TNI Siap Amankan Pemilu 2019

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 11:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 09 337 2040944 gelar-latihan-penanggulangan-teror-panglima-tegaskan-tni-siap-amankan-pemilu-2019-7ISOI3dDl0.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri latihan Satgultor TNI. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri Latihan Penanggulangan Terorisme Tahun Anggaran 2019 yang dilakukan Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) TNI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara. Latihan yang berisi pembebasan sandera ini melibatkan Kopassus TNI AD‚ Denjaka TNI AL, dan Paskhas TNI AU.

Marsekal Hadi mengatakan, melalui latihan Satgultor ini, pasukan TNI menegaskan siap mengamankan Pemilu Serentak 2019 yang terdiri dari pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden-wakil presiden.

(Baca juga: Satgultor TNI Gelar Latihan Penanggulangan Terorisme di Ancol)

Latihan Satgultor TNI. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

"Saya ingin memastikan bahwa jika ada pihak-pihak yang mengganggu stabilitas politik, jalannya demokrasi, mengganggu NKRI, mengganggu Pancasila, mengganggu UUD 1945, dan mengganggu Bhineka Tunggal Ika, maka akan berhadapan dengan TNI," tegas Hadi, Selasa (9/4/2019).

Sebagai benteng NKRI, lanjut dia, TNI menjamin akan bersikap netral dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini. "Kami menekankan bahwa politik TNI adalah politik negara. TNI netral dalam pelaksanaan Pileg maupun Pilpres 2019. Mudah-mudahan seluruh bangsa Indonesia juga bisa mengerti apa yang disampaikan oleh seluruh prajurit TNI," terangnya.

(Baca juga: Panglima TNI Cek Kesiapan dan Netralitas Prajurit Jelang Pemilu 2019)

Latihan Satgultor TNI. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

Sementara Komandan Satgultor TNI Mayjen Suhartono mengatakan pihaknya akan siap kapan pun dibutuhkan untuk mengamankan kedaulatan NKRI. "Pasukan ini bisa digerakkan setiap saat atas perintah Panglima TNI apabila ada kasus-kasus yang sebenarnya," ucap dia.

Adapun latihan pembebasan sandera dan teror ini berlangsung sekira 30 menit. Dalam latihan tersebut turut hadir mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna.

(han)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini