nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beritakan Pembantaian di Ruang Redaksi Sendiri: Koran Lokal AS Raih Penghargaan Pulitzer

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 11:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 18 2044085 beritakan-pembantaian-di-ruang-redaksi-sendiri-koran-lokal-as-raih-penghargaan-pulitzer-bRR5wGeanK.jpg Laporan The Capital yang memuat karyawan mereka tewas dalam serangan penembakan. Foto/EPA/BBC

ANNAPOLIS - Sebuah surat kabar lokal Amerika Serikat (AS) meraih mengahrgaan Pulitzer untuk liputan penembakan massal di ruang redaksi mereka sendiri.

Namun tidak ada perayaan di kantor harian Capital Gazette di Maryland pada Senin (15/4/2019) setelah mereka mengetahui memenangkan hadiah paling bergengsi dalam jurnalisme Amerika, lapor BBC News.

Para staf saling memeluk untuk mengenang lima rekan kerja mereka yang terbunuh ketika seorang pria bersenjata menyerbu kantor mereka pada Juni 2018.

Capital Gazette di Annapolis memenangkan Pulitzer atas laporan khusus untuk liputan dan keberaniannya dalam menghadapi salah satu serangan paling mematikan terhadap jurnalis dalam sejarah Amerika.

Dewan Pulitzer menghadiahkan laporan mereka dengan uang seniai USD100.000 atau setara Rp 1,4 miliar.

Para karyawan yang menjadi korban serangan adalah John McNamara, Wendi Winters, Rebecca Smith, Gerald Fischman dan Rob Hiaasen pada tahun lalu. Namun para staf masih menerbitkan koran sesuai jadwal pada esok harinya.

BacaAkibat Perubahan Iklim, Longsor Tinja Manusia Bisa Terjadi jika Gletser Gunung Denali Mencair

Serangan dilakukan oleh seorang pria yang dendam terhadap Capital Gazette. Dia mengaku tidak bersalah.

Penghargaan Pulitzer juga diberikan ke dua surat kabar lokal lainnya.

Pittsburgh Post-Gazette menerima penghargaan berita utama atas laporannya yang "mendalam, penuh kasih" tentang serangan Oktober tahun lalu di sebuah sinagog Pennsylvania yang menewaskan 11 orang.

Kemudia South Florida Sun Sentinel memenangkan Pulitzer karena melaporkan penembakan massal pada Februari 2018 di Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas yang menewaskan 17 orang.

The New York Times memenangkan hadiah untuk pelaporan keuangan Trump dan menghindari pajak dan satu lagi untuk penulisan editorial.

Wall Street Journal memenangkan hadiah atas laporan yang mengungkap hadiah rahasia presiden Trump kepada dua orang yang diduga mantan simpanan selama kampanyenya.

The Washington Post juga memenangkan dua Pulitzer untuk jurnalisme foto di Yaman dan untuk kritik.

Kantor berita Reuters menerima penghargaan untuk penyelidikannya atas pembunuhan 10 pria Rohingya di sebuah desa di negara bagian Rakhine, Myanmar.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini