Share

Cegah Serangan Fajar, Bawaslu Jateng Gencar Patroli ke Kampung-Kampung

Taufik Fajar, Okezone · Rabu 17 April 2019 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 16 606 2044414 cegah-serangan-fajar-bawaslu-jateng-gencar-patroli-ke-kampung-kampung-PfG3b40IGs.jpeg Ilustrasi Pemilu (foto: Shutterstock)

SEMARANG - Bawaslu Jawa Tengah (Jateng) gencar melakukan patroli untuk mengantisipasi serangan fajar menjelang pencoblosan Pemilu 2019. Ratusan ribu pengawas dikerahkan hingga ke kampung-kampung.

"Kita melakukan patroli, dengan mengerahkan seluruh jajaran mulai dari Bawaslu Jateng, kabupaten/kota, kecamatan, desa hingga seluruh TPS (tempat pemungutan suara)," ujar Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng Rofiudin, Selasa (16/4/2019).

Baca Juga: Bawa Uang 'Serangan Fajar' Rp506 Juta, Caleg di Riau Ditangkap 

"Untuk personel di provinsi ini ada tujuh orang ditambah staf-staf, kemudian di kabupaten/kota lima orang, kecamatan tiga orang, kemudian kelurahan/desa satu orang pengawas. Dan di tiap TPS satu orang pengawas, jumlahnya 115.391 orang," terangnya.

 

Dia menjelaskan, patroli untuk mencegah serangan fajar dilakukan sejak memasuki masa tenang pada 14 April. Semua personel bergerak ke daerah-daerah sembari bersinergi dengan perangkat desa setempat.

"Kami lakukan patroli dengan berkeliling ke kampung-kampung ke pelosok-pelosok, sesuai wilayah masing-masing. Kemudian kita mengimbau masyarakat untuk juga mengantisipasi ada orang-orang luar yang keluar-masuk desa, diantisipasi juga. Sebelumnya juga ada ada beberapa desa yang deklarasi antipolitik uang," beber dia.

Selain itu, pihaknya juga membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang menemukan indikasi politik uang. "Kita juga menyiapkan apel siaga, dan sejak saat itu anggota terus-menerus melakukan keliling ke bawah untuk melihat situasi di lapangan. Juga melakukan pembukaan posko pengaduan melalui media sosial juga ada hotline sehingga masyarakat jika mengetahui dugaan pelanggaran bisa melapor," ucapnya.

Baca Juga: Polisi Bakal Tembak di Tempat Pengacau Pemilu

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini