KPU Catat 11 Kabupaten/Kota Akan Lakukan Pemungutan Suara Susulan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 23:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 17 605 2044939 kpu-catat-11-kabupaten-kota-akan-lakukan-pemungutan-suara-susulan-RyyLyIVBM0.jpg Komisioner KPU Pramono Ubaid (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Pramono Ubaid mengatakan, ada 11 kabupaten/kota di Indonesia yang akan melakukan pemungutan suara susulan. Namun, ia belum bisa menjelaskan secara detail ihwal daerah mana saja, karena masih proses perekapan.

"Kita masih merekap. Misalnya 11 kabupaten itu melibatkan total berapa TPS? Itu terus kita update. Kita masih mendetailkan lagi, masalahnya bukan hanya di kabupaten itu, tapi jumlah TPS yang bermasalah," kata Pramono di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

(Baca Juga: Bawaslu Temukan Ada Oknum Petugas KPPS Bagikan Uang & Voucher BBM

Pencoblosan

Menurut dia, permasalahan itu terjadi karena adanya kendala ketika mendistribusikan logistik ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Salah satu daerah yang bermasalah adalah Kabupaten/kota Banggai, Nias Selatan, Banyuasin, Jayapura, Yahukimo, Intan Jaya dan Tolikara.

"Masing-masing kabupaten/kota sih beda-beda jumlahnya TPS-nya masing-masing. Memang sudah mendata tapi data kita belum lengkap," katanya.

(Baca Juga: AHY Harap Siapa pun Presidennya, Semua Kembali Rukun sebagai Bangsa

Terkait waktu pemungutan suara susulan, kata dia, belum bisa memastikannya. Sebab, masih banyak yang mesti dipersiapkan, seperti mencetak kembali surat suara, dan itu memerlukan waktu yang tidak sebentar.

"Kita kan harus mencetak surat suara karena ada kesalahan cetak surat suara. Jadi, seperti itu, berapa kebutuhan surat suaranya, terkait dengan waktu untuk mencetak surat suaranya. Jadi, masih ada beberapa hal yang harus diputuskan," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini