TPS Ala Resepsi Pernikahan Ini Buat Masyarakat Serasa Pergi Kondangan

Demon Fajri, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 12:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 17 606 2044598 tps-ala-resepsi-pernikahan-ini-buat-masyarakat-serasa-pergi-kondangan-2Lz56g6yG1.jpeg

BENGKULU - Banyak cara untuk menarik simpatik masyarakat saat pesta demokrasi, pemilihan calon presiden dan wakil presiden, DPR-RI, DPD, dan DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Seperti halnya, di tempat pemungutan suara (TPS) 01 Kota Bengkulu.

TPS yang terletak di RT 01 RW 01 Kelurahan Pintu Batu Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu ini menggunakan konsep pesta pernikahan untuk menarik minat masyarakat setempat untuk mencoblos.

Terbukti, ratusan masyarakat yang telah memiliki hak suaranya berbondong-bondong datang ke TPS yang terletak di jalan Sudirman Kelurahan Pintu Batu Kecamatan Teluk Segara ini.

Mereka mendapatkan pelayanan secara baik dari petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) yang mengenakan pakaian adat khas Bengkulu.

TPS dengan nuansa pernikahan tersebut dikemas sedemkian rupa sehingga mirip resepsi pernikahan. Mulai dari dinding TPS, pintu masuk TPS, hingga bagian atas TPS yang dihiasi pernak-pernik layaknya dalam suatu resepsi pernikahan.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS), Abdiun Bintara mengatakan, suasana kondangan atau pernikahan ini diciptakan untuk memperkenalkan adat bengkulu serta menarik minat pemilih agar menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi.

Pembuatan TPS ala pelaminan pernikahan ini, sampai Abdiun, menggunakan dana swadaya masyarakat setempat. Selain itu, kata dia, konsep ala resepsi pernikahan ini sudah dilakukan beberapa kali saat pesta demokrasi.

''Ini salah satu bentuk wujud untuk mensukseskan pemilu serta menarik simpatik warga agar menggunakan hak suaranya. Makanya TPS kami buat seperti pelaminan,'' kata Abdiun, Rabu (17/4/2019).

Abdiun menyampaikan, di TPS 01 terdapat 234 pemilih. Dari pengalaman sebalumnya, kata dia, masyarakat yang telah memiliki hak suaranya secara keseluruhan menggunakan hak suaranya 100 persen. Hal tersebut tidak terlepas untuk mendukung mensukseskan pesta demokrasi.

''Masyarakat yang telah memiliki hak suaranya selalu datang ke TPS ini (TPS 01). Salah satu daya pikatnya bentuk TPS resepsi pernikahan ini,'' pungkas Abdiun.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini