nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungan Spainbatt ke Markas Indobatt Pererat Silaturahmi dan Kerja Sama Satgas UNIFIL

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 06:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 23 337 2046802 kunjungan-spainbatt-di-indobatt-pererat-silaturahmi-dan-kerja-sama-satgas-unifil-wV8M5tTKDU.jpg Jajaran Spainbatt berkunjung ke Markas Indobatt di Lebanon Selatan. (Foto: Dispenad)

JAKARTA – Dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi dan kerja sama antarkontingen yang tergabung dalam misi perdamaian UNIFIL, Komandan Batalion Spanyol (Spainbatt) mengunjungi Markas Indobatt di UNP 7-1 Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan. Demikian disampaikan Komandan Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Konga XXIII-M/UNIFIL Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam keterangannya, Senin 22 April 2019.

Diungkapkan Arfa bahwa kunjungan Komandan Spainbatt Letkol David ke Markas Indobatt dilaksanakan pada Sabtu 20 April. Pertemuan itu berlangsung penuh kekerabatan. Komandan Spainbatt dan Komandan Indobatt didampingi beberapa perwira staf dari masing-masing batalion.

"Kunjungan Komandan Spainbatt dalam rangka silaturahmi dan mempererat hubungan antara kedua batalion di jajaran Sektor Timur UNIFIL," katanya.

(Foto: Dispenad)

Kunjungan ini, menurut Letkol Inf Arfa, sangat penting bagi kedua pasukan yang sedang melaksanakan misi perdamaian PBB di Lebanon, mengingat batas wilayah daerah operasi antara pasukan Indobatt dan Spainbatt itu posisinya saling bersebelahan.

"Ini sangat penting, mengingat daerah operasi kita (Indobatt dan Spainbatt) bersebelahan," ujarnya, "Tentunya di lapangan akan sangat dibutuhkan kerja sama yang baik di antara keduanya."

Ia pun berharap dengan adanya kunjungan ini semakin memperkukuh kerja sama dan saling mendukung dalam pelaksanaan tugas sebagai penjaga perdamaian di Lebanon.

"Besar harapan kami dengan adanya hubungan yang baik antara pasukan dari Indonesia dan Spanyol dalam misi perdamaian ini. Bukan hanya di sini, namun ke depan hubungan diplomatik antara negara Spanyol dan Indonesia akan semakin meningkat," harapnya.

(Foto: Dispenad)

Selama berkunjung ke Markas Indobatt, tutur Arfa, kedua komandan batalion membicarakan tentang kerja sama operasi pengamanan wilayah dengan memaparkan situasi dan kondisi terakhir yang terjadi dimasing-masing daerah operasi.

Dalam acara yang dihadiri Komandan Kompi Tentara Serbia dipimpin oleh Mayor Ninoslav (dalam pelaksanaan tugasnya bergabung dengan Batalion Spanyol) tersebut digelar juga diskusi tentang antisipasi terhadap kerawanan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan tugas.

Tidak hanya itu, terang dia, untuk menjalin keakraban di antara masing-masing staf dan komandan kompi, seluruhnya melaksanakan peninjauan sekeliling markas Indobatt UNP 7-1. Masing-masing perwira staf dan komandan kompi kedua batalion ini pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk saling berinteraksi dan bertukar informasi serta pengalaman selama masa penugasan di Lebanon.

(han)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini