nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komplotan Perampok Baku Tembak dengan Polisi, 1 Tewas

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 19:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 30 510 2049995 komplotan-perampok-baku-tembak-dengan-polisi-1-tewas-zw4YsD5i0Y.jpg Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto Gelar Perkara Baku Tembak Polisi dengan Perampok (foto: Desi Suryanto/Harianjogja)

SLEMAN - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY berhasil menangkap komplotan perampok, setelah sebelumnya melakukan aksi kejar-kejaran yang diwarnai baku tembak di jalan.

“Jadi memang betul kemarin Polda DIY berhasil menangkap empat pelaku curat yang menggunakan senjata api,” kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto kepada wartawan di Mapolda DIY, Selasa (30/1/2019).

Baca Juga: Baku Tembak dengan Polisi Komplotan Perampok Alami Kecelakaan 

Dia menambahkan, keempat pelaku yang diringkus yakni AD warga Bandung, Jawa Barat; ASS warga Karawang, Jawa Barat; SBH, warga Karawang Jawa Barat; dan FB warga Ngawi, Jawa Timur.

 

Menurut dia, para pelaku sebelumya telah beraksi di wilayah DIY, tepatnya di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul dua kali dengan total kerugiannya sekitar Rp600 juta.

Sementara Direskrimum Polda DIY Kombes Hadi Utomo mengatakan, komplotan tersebut telah menjadi buron pihaknya dan ketika pihaknya mendapat informasi bahwa komplotan tersebut hendak beraksi lagi, petugas kemudian mengikuti dari wilayah Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Saat memasuki wilayah Purworejo, Jawa Tengah, kata Hadi, petugas kepolisian menghentikan mobil yang dipakai oleh empat orang pelaku. Namun, mereka melakukan perlawanan dengan cara menembak menggunakan senjata api. Sehingga, terjadi aksi baku tembak antara pelaku dengan petugas.

“Mereka melawan dengan menembak, maka kami lakukan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku, kami lumpuhkan, karena mereka memiliki senjata api,” urai Hadi.

Hadi menjelaskan, dalam baku tembak tersebut tersangka AD tewas di rumah sakit saat menjalani perawatan. "Satu orang meninggal di rumah sakit, itupun melalui proses, terjadi kejar-kejaran, kontak senjata tembak-menembak dengan anggota di lapangan,” tutur Hadi.

Baca Juga: 3 Perampok Hasil Penjualan Spareparts Mobil Ditangkap Polisi 

Hadi mengatakan, para pelaku juga berupaya melarikan diri menggunakan mobil dengan kondisi ban belakang yang sudah pecah, sehingga terjadi aksi kejar-kejaran.

“Mungkin karena tidak stabil kondisinya maka mobil mereka menabrak truk. Jadi, luka yang diderita para pelaku ada luka tembak dan luka akibat kecelakaan,” kata dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini