nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB Duga Alih Fungsi Lahan Sebabkan Banjir Bengkulu

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 06:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 30 519 2049625 bnpb-duga-alih-fungsi-lahan-sebabkan-banjir-bengkulu-XktVMvCW3A.jpg Foto Ilustrasi Okezone

KOTA MALANG - Bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang Bengkulu dinilai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo lantaran alih fungsi lahan hutan yang masif.

Hal ini ia sampaikan saat Silaturahmi dan Dialog BNPB dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Jawa Timur di Kota Malang, Senin (29/4/2019) malam.

"Selain faktor curah hujan yang tinggi, faktor lain mungkin juga karena alih fungsi lahan sehingga tak ada serapan air ketika hujan turun," ujarnya.

 sd

Ia menambahkan, bila edukasi kepada masyarakat untuk tetap menanam tanaman yang berfungsi ekologis menyerap air sangat diperlukan.

"Tidak salah menanam tanaman yang semusim tapi harus diimbangi dengan tanaman yang berfungsi ekologis. Itu yang harus terus disosialisasikan dan diedukasi ke masyarakat," terangnya.

Selain faktor alih fungsi lahan, banjir - banjir yang terjadi juga disebabkan sedimentasi sungai akibat sampah dan material lainnya sehingga terjadi pendangkalan.

"Banyak sungai yang terjadi penumpukan sedimentasi. Dulu mungkin dalam tapi karena banyak faktor akhirnya dangkal," bebernya.

 sd

Pihak BNPB bersama instansi terkait baik Kementerian PUPR dan ESDM telah mengirimkan tim ke Bengkulu untuk melakukan penanganan sekaligus mencari penyebab terjadinya banjir dan tanah longsor yang menewaskan setidaknya 29 orang.

"Sudah mengirimkan tim untuk menilai penyebab bencananya disamping curah hujan tinggi, mungkin ada faktor lain," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini