Otoritas Australia Temukan Seekor Ular Unik Bermata Tiga

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 02 Mei 2019 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 02 18 2050693 otoritas-australia-temukan-seekor-ular-unik-bermata-tiga-f7PCDihSWr.jpg Ular bermata tiga yang ditemukan di dekat Humpty Doo. (Foto: NT Parks and Wildlife)

DARWIN - Otoritas satwa liar membagikan foto-foto dari seekor ular bermata tiga yang ditemukan di sebuah jalan raya di utara Australia. Dinas Satwa Liar dan Taman Margasatwa Wilayah Utara menyebut penemuan yang banyak dibagikan di daring itu sebagai sesuatu yang “ganjil”.

Bayi piton karpet yang diberi julukan “Monthy Phyton” itu dilaporkan mati beberapa pekan setelah ditemukan pada Maret lalu. Menurut keterangan para ahli, mata ketiga yang terletak di bagian atas kepala ular itu tampaknya muncul karena mutasi yang alami.

Para Ranger menemukan ular itu di dekat Kota Humpty Doo,sekira 40km sebelah tenggara Darwin.

Pejabat terkait mengatakan kepada BBC bahwa reptil sepanjang 15 cm itu berjuang keras untuk makan karena kelainan bentuknya.

Dinas satwa liar mengatakan pemindaian sinar-X menunjukkan bahwa ular itu tidak memiliki dua kepala yang terbentuk bersamaan.

"Alih-alih itu tampaknya satu tengkorak dengan rongga mata tambahan dan tiga mata yang berfungsi," kata dinas itu melalui akun Facebooknya.

Pakar ular Prof. Bryan Fry mengatakan mutasi adalah bagian alami dari evolusi.

"Setiap bayi memiliki semacam mutasi - yang satu ini sangat kotor dan cacat," kata Prof Fry, dari University of Queensland.

"Saya belum pernah melihat ular bermata tiga sebelumnya, tapi kami memiliki ular kobra berkepala dua di lab kami - itu hanya jenis mutasi yang berbeda seperti yang kita lihat dengan si kembar siam."

Dia menduga bahwa mata ketiga ular itu mungkin adalah "kembaran terakhir yang diserap".

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini