nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Tinjau Lokasi Kebakaran Kampung Bandan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Minggu 12 Mei 2019 17:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 12 338 2054741 anies-tinjau-lokasi-kebakaran-kampung-bandan-aHe9ZsLF00.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Kampung Bandan, Jakut (Foto: Achmad Fardiansyah)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau langsung lokasi kebakaran di Kampung Bandan, Jakarta Utara. Anies ingin memastikan api sudah teratasi.

"Kita memastikan api sepenuhnya padam. Kemudian, warga tinggal di shelter tanpa ada gangguan dari hujan dan panas, sambil nanti kita bersihkan tempat ini dan ditata ulang," kata Anies di lokasi, Minggu (12/5/2019).

Anies mengatakan, mengenai surat-surat atau dokumen yang terbakar, tak perlu khawatir. Sebab, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memiliki salinannya dan warga tinggal melapor saja.

"Semua surat yang dipegang warga itu ada dokumen aslinya di pemerintah, baik sertifikat tanah, KTP, KK (Kartu Keluarga). Jadi jangan khawatir," tuturnya.

(Baca Juga: Akibat Kebakaran di Kampung Bandan, Sejumlah Perjalanan Kereta Mengalami Keterlambatan)

Anies

Setidaknya ada 450 pintu rumah, ada 450 KK lebih dari total 3.500 warga dilaporkan menjadi korban kebakaran. Namun, kata Anies, sebenarnya warga di lokasi tersebut sekira 2.000 orang.

"Sebenarnya warga sini ada sekitar 2 ribu orang dan 1.500 orang adalah mereka yang kos di tempat ini dan pemerintah hadir secara langsung dari tadi malam," katanya.

Pemprov DKI mengaku telah menyiapkan tenda-tenda pengungsian yang dilengkapi posko kesehatan. "Tim kesehatan, mereka langsung hadir, mereka sudah banyak bekerja, karena banyak yang mengalami gangguan pernafasan dan luka-luka dikarenakan benda tajam seperti paku-paku," ujarnya. 

(Baca Juga: Pemukiman Padat Penduduk di Kampung Bandan Terbakar)

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan proses pendataan terhadap warga yang menjadi korban. "Belum semua warga mendaftarkan, mereka masih sibuk dengan urusan mereka masing-masing (menyelamatkan barang yang tersisa) tapi kita bantu semua anak-anak sekolah langsung disiapkan baju seragam, buku-buku, sehingga tidak terganggu sekolahnya," ujarnya.

Untuk warga yang terdampak akan direlokasi atau diberi bangunan baru, Anies mengaku akan berkoordinasi terlebih dulu dengan PT KAI, mengingat lokasi kebakaran dengan Stasiun Kampung Bandan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini