nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Internasional Nikmati Kuliner Khas Indonesia saat Bukber di Seoul

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 18:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 14 18 2055614 masyarakat-internasional-nikmati-kuliner-khas-indonesia-saat-bukber-di-seoul-FD5hhItrSk.jpg Acara buka bersama di KBRI Seoul. Foto/KBRI Seoul

SEOUL – Masyarakat internasional menikmati hidangan khas Indonesia saat berbuka puasa bersama di Kedutaan Besar Indonesia di Seoul.

Buka bersama dihadiri sekira 400an pengunjung, tampak juga warga negara Pakistan, Turki, Nigeria dan juga masyarakat Korsel turut serta menikmati berbagai suguhan berbuka puasa yang disiapkan oleh KBRI Seoul.

“Setiap tahun saya memang selalu menyempatkan hadir di acara yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul, selain karena Kedutaan negara saya tidak mengadakan hal serupa, sayapun suka dengan tradisi Ramadan dan kuliner Ramadan dari Indonesia,” kata salah salah satu warga negara Pakistan yang tak ingin disebutkan namanya ini.

Lebih lanjut dirinya mengucapkan terima kasih karena KBRI Telah mengadakan acara ini dan dibuka untuk umum, bukan hanya untuk masyarakat Indonesia.

Foto/KBRI Seoul

Dubes RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, menggarisbawahi pentingnya acara ini yaitu untuk mempererat tali silaturahmi.

"Dapat dijadikan sarana untuk mempererat silaturahmi di antara berbagai komponen masyarakat Indonesia yang berada di Korea Selatan, di samping sebagai upaya meningkatkan amal ibadah selama bulan suci Ramadhan," kata dia dalam pernyataan, Selasa (14/5/2019).

Foto/KBRI Seoul

Berbuka puasa diisi dengan kultum yang disampaikan oleh ustaz yang sengaja diundang langsung dari Indonesia oleh komponen organisasi Islam Indonesia di Korsel.

Selama Bulan Ramadan khususnya pada Sabtu, KBRI Seoul melaksanakan Buka Puasa bersama untuk sedikit mengobati rindu para WNI akan nuansa Ramadhan di Tanah Air. Selain sajian kuliner Indonesia, ragam Takjil seperti kolak, es cendol, kurma juga sengaja dihidangkan.

"Seneng rasanya kalo bisa buka puasa bareng di perantauan gini, rasanya jadi makin guyub, apalagi bisa ketemu temen-temen Indonesia, kan ga terlalu sering juga kita bisa ketemu karena kita kerja di pabrik-pabrik yang berbeda," tutur Dimas, salah satu PMI yang sudah beberapa tahun ini bekerja di negeri Kimchi.

Walau dirinya tinggal dan bekerja di Kota Ansan, Dimas rela bergegas ke Seoul yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan moda kereta api.

(fzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini