nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini 2 Skema Pemprov DKI Tangani Kampung Bandan Pasca-kebakaran

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 14 338 2055615 begini-2-skema-pemprov-dki-tangani-kampung-bandan-pasca-kebakaran-EilqlZwlBh.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki dua skema terkait penanganan masyarakat terdampak kebakaran di Kampung Bandan, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

"Kampung Bandan ada dua aspek, penanganan jangka pendek dan penanganan jangka panjang," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Penanganan jangka pendek, kata Anies, ialah untuk memastikan semua warga yang terdampak kebakaran terjamin kebutuhan dasarnya.

"Jadi ada tenda pengungsian, ada pelayanan kesehatan, pelayanan pangan, jadi kebutuhan dasar. Termasuk seragam untuk anak sekolah, buku-buku, itu semua dipastikan aman," jelasnya.

Dalam skema jangka pendek, Pemprov memastikan kebutuhan dasar masyarakat dapat terpenuhi. Apalagi tadi pagi dirinya rapat khusus soal penanganan Kampung Bandan.

 Kebakaran yang terjadi di Kampung Bandan

Sementara itu, pada aspek jangka panjangnya, Pemprov DKI dan PT KAI menyepakati akan membangun permukiman di lahan satu hektare milik PT KAI untuk warga terdampak kebakaran.

"Jangka panjang terkait pemukiman di sana. Lahan itu satu hektare milik PT KAI. Jadi tadi direktur aset KAI ikut dalam rapim dan kita menyepakati bahwa akan diabangunkan pemukiman di sana," ujar Anies.

Dengan demikian, lanjut Anies, warga terdampak tidak akan direlokasi ke tempat lain, melainkan tetap dibangunkan hunian rumah susun di lokasi yang terkena api. Luasnya sekitar satu hektare.

 Illustrasi Kebakaran

Sementara itu, sembari pembangunan rusun dilakukan, Pemprov menyiapkan shelter atau hunian sementara untuk warga terdampak. Dinas Perumahan yang nantinya menyiapkan hunian sementara untuk mereka.

Sebelumnya, Sebanyak 400 kepala keluarga (KK) dengan total 3.500 jiwa kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran di pemukiman padat penduduk di Kampung Bandan RW05, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu 11 Mei 2019.

(wal)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini