nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Pandai Berenang, 3 Orang Tewas saat Mandi di Saluran Irigasi di Kebumen

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 07:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 14 512 2055355 tak-pandai-berenang-3-orang-tewas-saat-mandi-di-saluran-irigasi-di-kebumen-g6AkncnRkP.jpg (Foto: Taufik Budi/Okezone)

KEBUMEN - Tiga orang tenggelam saat mandi di saluran irigasi Wadaslintang Barat di Desa Bleter, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Proses pencarian berlangsung dramatis saat satu per satu korban ditemukan tak bernyawa oleh tim SAR gabungan.

Korban adalah Hasan (13), Anwar (14), dan Toni (25) yang semuanya tercatat sebagai warga asal Desa Tirtomulyo, Kecamatan Poncowaro, Kabupaten Kebumen. Mereka diketahui mandi di saluran irigasi Wadaslintang Barat pada Senin 13 Mei sekira Pukul 15.00 WIB.

"Diduga ketiganya tidak mengetahui bahwa saluran tersebut dalam dan mereka juga tidak bisa berenang, sehingga begitu masuk ke air langsung tenggelam," ungkap Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi, Selasa (14/5/2019).

Foto: Taufik Budi/Okezone

Kejadian tersebut diketahui warga yang kebetulan melintas di TKP. Warga melihat satu celana dan tiga kaus, namun tidak terlihat ada orang mandi. Warga akhirnya langsung melakukan pencarian dan berhasil menemukan Hasan dalam keadaan meninggal dunia, namun kedua temannya belum ditemukan.

(Baca juga: Kapal Pompong Pengangkut TKI Tenggelam, 1 Orang Tewas & 4 Hilang)

"Kami yang mendapatkan informasi tersebut pada jam 7 malam langsung mengirimkan satu tim dari Basarnas Pos SAR Cilacap untuk melakukan pencarian dan pertolongan dilengkapi dengan peralatan SAR air dan alat selam," ujarnya.

Pencarian digelar dengan melibatkan tim SAR gabungan, di antaranya BPBD Kebumen, Polsek Poncowarno, Koramil, SAR Elang Perkasa, masyarakat, serta keluarga korban. Proses pencarian diawali dengan menutup saluran irigasi dan berbagai upaya, hingga tim SAR gabungan menemukan salah satu korban.

"Pada Pukul 00.30 WIB dini hari, tim SAR gabungan berhasil menemukan Toni di arah selatan kurang lebih dua kilometer dari TKP dalam keadaan meninggal dunia, dan 10 menit kemudian kami berhasil menemukan Anwar, 300 meter dari penemuan Toni," ujar Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap, Mulwahyono.

"Evakuasi dua korban selesai selanjutnya korban dibawa ke rumah duka dan tim SAR gabungan kembali ke satuannaya masing- masing," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini