nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BNN: 90% Operator Narkotika Berasal dari Lapas

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 15:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 15 337 2056060 kepala-bnn-90-operator-narkotika-berasal-dari-lapas-sP9qHYG7IE.jpg Kepala BNN Heru Winarko. (Foto : Sindo)

JAKARTA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Heru Winarko, menyebut lembaga pemasyarakatan (Lapas) masih menjadi tempat yang nyaman bagi para bandar dalam mengendalikan peredaran narkotika.

Pasalnya, BNN menilai, Direktorat Jendral Pemasyarakatan (ditjen PAS) lemah dalam memberikan pengawasan di dalam lapas. Pasalnya, hingga saat ini mayoritas operator narkotika berasal dari jaringan lapas.

"Lapas memang memprihatinkan. Saya bisa nyatakan lebih 90 persen operator narkotika berasal dari lapas," kata Heru saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Heru menjelaskan, lapas masih dijadikan tempat yang "nyaman" dari semua operator narkotika. Karena itu, ia menilai butuh perbaikan sistem untuk mengatasi masalah ini.

Sabu. (Ilustrasi/Dok Okezone)

Menurut Heru, kurangnya pengawasan membuat hampir tidak ada lapas yang bersih dari jaringan narkoba. Selama ada napi yang merupakan bandar atau pengedar, rata-rata masih mengoperasikan bisnisnya, meski berada di sel.

"Semua lapas yang ada napi narkobanya terutama bandar, masih beroperasi. Termasuk ya yang kemarin pengungkapan 200 kilogram sabu yang dikendalikan dari Lapas Cirebon," ucap Heru.


Baca Juga : Edarkan Sabu dan Ekstasi, Sastrawan Dituntut 15 Tahun Penjara

Heru menyebut, selama ini pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Ditjen PAS untuk memberantas jaringan lapas. Namun, entah mengapa kerja sama itu tampaknya tak dibarengi tindakan nyata.

"Ini juga menjadi atensi kita dengan Dirjen PAS. Karena kita butuh kerja sama semua pihak untuk menerapkan sistem yang bersih dari narkotika sangat dibutuhkan," tutur Heru.


Baca Juga : Gerebek Rumah Bandar Narkoba, BNN Amankan 17 Kg Sabu di Banda Aceh

(erh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini