Diputuskan Langgar Tata Cara Situng, KPU Janji Lakukan Perbaikan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 15:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 16 605 2056518 diputuskan-langgar-tata-cara-situng-kpu-janji-lakukan-perbaikan-GSPShSGQly.jpg Komisioner KPU, Pramono Ubaid. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang menyatakan jika Sistem Informasi dan Perhitungan Suara (Situng) melanggar prosedur.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pihaknya berterima kasih lantaran Bawaslu tidak memerintahkan untuk menghentikan Situng, tetapi hanya menyuruh agar melakukan perbaikan sistem input data.

"Di situ memang sebenarnya sama KPU dan Bawaslu, setiap ada informasi kesalahan input dan kami perbaiki. Selama ini mekanisme itu sudah berjalan dan kami ucapkan kepada Bawaslu terima kasih sudah memberikan keputusan yang sudah adil," kata Pramono di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Gedung KPU

Disebutkan Pramono, pihaknya setiap menerima informasi adanya kesalahan di dalam input data Situng selalu memperbaiki tanpa harus menunggu putusan Bawaslu. "Makanya kita sampaikan dengan benar jika putusan itu memperkuat sikap KPU selama ini, memang mengakui ada kesalahan dan kita enggak pernah tutupi. Tapi kesalahan itu kita komitmen untuk memperbaikinya," ucap dia.

(Baca juga: Seknas Jokowi: Putusan Bawaslu Tidak Membatalkan Penghitungan KPU)

Selain itu, Pramono mengatakan, putusan Bawaslu juga menegaskan bila hasil akhir pemilu bukanlah berdasarkan Situng, namun berdasarkan proses rekapitulasi berjenjang.

“Putusan Bawaslu sebenarnya menegaskan bahwa proses penetapan hasil-hasil pemilu bukanlah melalui Situng karena pemilu kita masih manual, berbasis rekapitulasi secara berjenjang," ujar Pramono.

Dibertikan sebelumnya, Bawaslu RI memutuskan jika KPU RI terbukti melanggar tata cara dan prosedur mengenai Situng. “Mengadili, satu, menyatakan KPU terbukti secara sah melanggar tata cara dan prosedur dalam input data Situng,” kata Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam sidang putusan dugaan pelanggaran administrasi Situng KPU, di kantor Bawaslu hari ini.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini