nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turki Jatuhkan Vonis Seumur Hidup Bagi 14 Terdakwa Pengeboman Besiktas 2016

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 18:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 17 18 2057092 turki-jatuhkan-vonis-seumur-hidup-bagi-14-terdakwa-pengeboman-besiktas-2016-WPUzHKSMbu.jpg ilus

ISTANBUL - Pengadilan Turki pada Jumat menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada empat belas orang penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat karena keterlibatannya dalam pengeboman ganda di Istanbul yang menewaskan puluhan orang pada Desember 2016. Hal itu diberitakan kantor berita milik pemerintah Anadolu.

Bom itu adalah salah satu dari serangkaian serangan nasional yang dimulai pada pertengahan 2015, di awal sekira 1 sampai 1/ 2 tahun ancaman keamanan yang meningkat dari kelompok militan Negara Islam (IS) dan kelompok separatis Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Menyusul pertandingan sepak bola profesional pada 10 Desember 2016, dua bom - satu ditanam di dalam mobil dan lainnya diikat pada seorang pelaku bom bunuh diri - meledak di luar stadion Besiktas, salah satu klub terbesar di Turki. Kelompok Elang Kebebasan Kurdistan (TAK), cabang dari PKK, mengklaim serangan itu.

Laporan Anadolu yang dilansir Reuters, Jumat (17/5/2019) menyebutkan dari 27 terdakwa, empat dijatuhi hukuman satu tuntutan hukuman seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat karena mengganggu persatuan negara dan 46 tuduhan untuk pembunuhan berencana dengan pengeboman.

Dikatakan keempat orang itu juga dijatuhi hukuman 4.890 tahun penjara karena percobaan pembunuhan berencana, menyimpan bahan-bahan berbahaya dan merusak properti umum.

Sepuluh orang lainnya juga dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat karena mengganggu persatuan negara, di samping hukuman 3.380 tahun penjara karena kejahatan lainnya. Empat dari terdakwa dihukum hingga 15 tahun karena menjadi anggota organisasi teroris.

Pengadilan memutuskan untuk memisahkan kasus terhadap sembilan terdakwa, salah satunya masih buron.

PKK dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan Amerika Serikat. Lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik sejak kelompok militan itu melancarkan pemberontakan pada 1984.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini