KPU Berpeluang Umumkan Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Hari Ini

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 15:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 605 2057980 kpu-berpeluang-umumkan-hasil-rekapitulasi-suara-pemilu-2019-hari-ini-7saU59Gbt8.jpeg Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman menargetkan proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 tuntas hari ini. Bila sudah selesai, pihaknya mengaku bisa saja pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 lebih cepat dari tanggal batas waktu yang sudah ditentukan yaitu pada 22 Mei. 

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, peluang tersebut terbuka karena hanya tinggal empat provinsi yang belum direkapitulasi. Sehingga, jika rekapitulasi sudah selesai, maka pengumuman suara hasil pemilu akan dilakukan secepatnya.

“Bisa (diumumkan hari ini),” ujar Arief di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

(Baca Juga: IT BPN Sebut Putusan Bawaslu Aneh)

Kata Arief, nantinya setelah mengumumkan perolehan suara, maka KPU berkewajiban menetapkan calon terpilih dari kontestasi Pemilu 2019. Namun, apabila ada salah satu pihak kontestan Pemilu 2019 yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), maka penetapan calon terpilih disampaikan setelah putusan MK.

“Tiga hari setelah diumumkan, apakah ada sengketa MK atau tidak, kalau tidak ada, baru ditetapkan calon terpilihnya siapa,” ujar Arief.

Pleno KPU 

Hingga saat ini, KPU memang sudah melakukan rekapitulasi di 30 provinsi di Indonesia. Artinya, masih terdapat empat provinsi dan satu daerah pemilihan luar negeri yang saat ini masih dilakukan rekapitulasi.

(Baca Juga: PAN: Ucapan Selamat Zulhas ke Ma'ruf Amin Indikasi Awal Sikap Resmi Partai

Keempat provinsi yang belum disahkan yakni Sumatra Utara, Maluku, Riau, dan Papua serta daerah pemilihan luar negeri di Kuala Lumpur. Dia berharap proses penghitungan suara akan selesai pada hari ini.

"Ya, dilihat nanti malam perkembangannya bagaimana. Mudah-mudahan (selesai)," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini