nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Malam Bersama PM Ethiopia Abiy Ahmed Dibanderol Rp2,5 Miliar

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 21 18 2058367 makan-malam-bersama-pm-ethiopia-abiy-ahmed-dibanderol-rp2-5-miliar-77DjoSGolO.jpg Abiy Ahmed. Foto/BBC News

ADIS ABABA – Perdana Menteri (PM) Ethiopia Abiy Ahmed menjadi tuan rumah makan malam untuk penggalangan dana sebagai bagian dari upaya untuk mendapatkan USD1 miliar untuk proyek-proyek infrastruktur di ibu kota Adis Ababa.

Makan malam itu, dijuluki "yang paling mahal di negara ini", mengundang 200 pelaku bisnis dan perwakilan organisasi di Addis Ababa.

Para tamu membayar USD173.000 atau setara 2,5 miliar untuk makan di istana mantan kaisar Menelik.

Sejak berkuasa tahun lalu, Abiy telah mendorong reformasi ekonomi berskala luas di Ethiopia.

Acara mewah diadakan untuk membantu membayar regenerasi daerah di Addis Ababa.

“Mempercantik Sheger”, demikian proyek ini disebut, melibatkan pembersihan sungai dan membangun taman rekreasi di ibu kota.

Siapa yang hadir?

Sekitar 200 pelaku bisnis dan perwakilan dari berbagai organisasi menghadiri makan malam, yang diadakan di istana mewah mantan kaisar.

Foto/BBC

Para tamu mulai tiba pada pukul 15.00 waktu setempat dan diberi tur ke istana, menurut beberapa peserta yang berbicara kepada BBC.

Setelah tur, mereka menghadiri acara minum dan secara pribadi disambut oleh PM Abiy.

"Saya senang bisa berfoto dengannya [Perdana Menteri Abiy Ahmed] dan berbicara dengannya seperti teman normal. Bukan hanya saya, tetapi semua orang [mengalami hal itu]," kata seorang tamu, Ali Hussen.

Dia merasa bangga bisa membantu kotanya.

"Saya tidak tahu berapa banyak uang yang mereka kumpulkan [dari makan malam]. Tetapi saya siap untuk membayar lagi dan lagi untuk menyelesaikan proyek", kata Hussen.

Jamuan makanan tradisional

Para tamu menceritakan mereka dihidangkan makanan tradisional.

"Ada daging mentah. Dan saya menghargai cara mereka menyiapkannya. Ada Tej (anggur madu), kopi, kopi yang sangat istimewa," kata Hussen.

Pengusaha Solome Tadesse mengatakan Abiy berkeliling ke meja, menyapa tiap orang. Menurutnya, perdana menteri tidak duduk di tempat khusus tetapi duduk di antara para tamu dan makan dan minum bersama mereka.

"Kami puas dengan banyak hal, bukan hanya makan malam. Saya keluar dengan harapan," kata Tadesse.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini