Muhammadiyah Ajak Tokoh Agama hingga Elite Politik Ciptakan Suasana Sejuk Pasca-Pemilu

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 12:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 23 605 2059414 muhammadiyah-ajak-tokoh-agama-hingga-elite-politik-ciptakan-suasana-sejuk-pasca-pemilu-HHJfJIUg5t.jpg Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (foto: Eko Purwanto/KoranSINDO)

JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak para tokoh agama, elite politik, pejabat publik, media massa, para netizen, dan warga bangsa untuk dapat menciptakan suasana yang sejuk dan damai demi kerukunan dan persatuan nasional. Hal itu disampaikan terkait pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil pemilu 2019.

"Hendaknya dihindari pernyataan-pernyataan dan tindakan yang dapat memanaskan dan memperkeruh keadaan yang merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Haedar dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Kamis (23/5/2019).

Baca Juga: Jokowi: Saya Hargai Prabowo-Sandi yang Bawa Sengketa Pilpres ke MK 

PPSU Pemprov DKI Jakarta Kerja Ekstra Pascakerusuhan Aksi 22 Mei

Dia menjelaskan, media sosial hendaknya dijadikan saluran yang menciptakan suasana tenang, damai, bersatu, dan berkeadaban mulia serta dihentikan dari memproduksi hoaks, keresahan, kebencian, perseteruan, dan permusuhan sesama keluarga bangsa Indonesia.

Haedar juga meminta kepada masyarakat, khususnya warga Persyarikatan Muhammadiyah, untuk tidak terpengaruh oleh informasi dan pesan-pesan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan mengedepankan sikap kritis, damai, bijak, dan dewasa disertai ikhtiar menjalin ta’awun atau kerjasama dengan berbagai pihak untuk kerukunan, kemajuan, dan persatuan bangsa.

"Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa memberikan rahmat dan kekuatan kepada bangsa Indonesia sehingga negeri ini menjadi negara yang aman, damai, adil, makmur, bersatu, berdaulat, bermartabat, dan berkemajuan!" tuturnya.

Baca Juga: Soal Sengketa Pemilu, PP Muhammadiyah Apresiasikan Langkah Kedua Paslon Bersaing Sehat


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini