Proses Sengketa Pemilu Dibuka MK, NasDem Daftarkan 33 Gugatan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 01:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 24 606 2059703 proses-sengketa-pemilu-dibuka-mk-nasdem-daftarkan-33-gugatan-lBWi6n7VRg.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) mulai membuka proses pendaftaran sengketa hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Partai NasDem pun langsung mendaftarkan gugatan ke lembaga pengawal konstitusi tersebut.

Ketua Badan Advokasi Hukum (Bahu) Partai NasDem Taufik Basari menyatakan, sengketa pemilu yang dimohonkan ada di 33 dapil yang meliputi tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang ada di 16 provinsi.

“Pukul 10 malam hari ini, mewakili Partai NasDem, Badan Advokasi Hukum NasDem secara resmi mendaftarkan sengketa pemilu ke MK," kata Taufik saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Ilustrasi Pemilu (Okezone)

Menurut Taufik Basari, 46 pengacara sudah disiapkan untuk menangani pengajuan gugatan ini. Pihaknya akan melampirkan sejumlah barang bukti dalam laporan tersebut.

"46 pengacara sudah kami siapkan, dilengkapi dengan ribuan halaman bukti-bukti yang ada dalam 16 kontainer,” ujar dia.

Taufik meyakini pengajuan ini akan dikabulkan oleh MK. Namun mantan pengacara KPK ini tidak merinci dapil mana saja yang diajukan dalam sengketa di MK nanti.

MK sebelumnya mengumumkan bahwa penanganan perkara Pemilu di MK terdiri dari sebelas tahap. Untuk pilpres, pengajuan permohonan dimulai pada 23 hingga 25 Mei 2019. Sementara untuk sengketa Pileg pada 8 Mei hingga 25 Juni.

(Baca Juga: Batas Waktu Gugat Pemilu 2019 ke MK Berakhir Jumat)

Hingga saat ini, MK telah menerima laporan sengketa sebanyak enam permohonan gugatan hasil pemilu. Angka itu sejak proses pengajuan gugatan dimulai pada Selasa 21 Mei lalu.

Partai Golkar juga berencana menggugat hasil Pileg 2019 ke Mahkamah Konstitusi. Setidaknya, partai beringin itu ingin melaporkan 9 gugatan ke MK.

Partai Demokrat dan PKS pun hari ini juga mulai melakukan kordinasi untuk menanyakan proses-proses pengajuan gugatan sengketa Pemilu ke MK.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini