nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

India Lakukan Uji Coba Bom 500 Kg di Dekat Perbatasan Pakistan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 13:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 25 18 2060280 india-lakukan-uji-coba-bom-500-kg-di-dekat-perbatasan-pakistan-qrxVhZGPMj.jpg Ilustrasi. (Foto: AP)

NEW DELHI – India sukses menguji coba bom berpemandu dengan hulu ledak seberat 500 kilogram dari Sukhoi di lokasi latihan Pokhan, dekat perbatasan Pakistan pada Jumat. Uji coba tersebut dilakukan sehari setelah Pakistan melakukan uji tembak rudal balistik berkapabilitas nuklir.

Seorang pejabat militer mengatakan bahwa versi bom bersayap dengan jangkauan 30 km itu mengenai sasaran dengan tepat dan "memenuhi semua tujuan misi". Sementara pernyataan dari Kementerian Pertahanan India yang dilansir Sputnik menyebutkan bahwa bom berpemandu itu mencapai jarak yang diinginkan dan mengenai target dengan presisi tinggi, sistem senjata itu juga mampu membawa hulu ledak yang berbeda.

Bom itu dilaporkan akan menggantikan bom-bom yang diimpor India dari Israel di masa mendatang.

Sumber militer India mengatakan bahwa Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) yang didanai negara sedang mengembangkan perangkat untuk Angkatan Udara India (IAF) yang akan memberikan panduan presisi bom 100 kg, 250 kg dan 1000 kg dan kapabilitas meluncur.

Pada 23 Mei, Pakistan melakukan uji coba peluncuran meluncurkan rudal balistik surface to surface Shaheen II yang mampu membawa hulu ledak konvensional dan nuklir hingga jarak 1.500 km.

Rudal berbahan bakar padat dua tingkat Shaheen II, adalah versi Pakistan dari M-18 Cina, yang awalnya diperlihatkan di Beijing Air Show 1987 sebagai rudal dua tahap dengan jangkauan 1.000 km yang membawa muatan 400-500 kg.

India dan Pakistan telah melakukan uji coba sistem persenjataannya di tengah pembicaraan untuk memulihkan perdamaian setelah peningkatan ketegangan pada Februari tahun ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini