nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Kepala Junta Militer Terpilih Jadi Perdana Menteri Thailand

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 06 Juni 2019 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 06 18 2064081 mantan-kepala-junta-militer-terpilih-jadi-perdana-menteri-thailand-0WeFx8V4Zm.jpg Prayuth Chan-ocha. Foto/Reuters

BANGKOK - Jenderal purnawirawan Prayuth Chan-ocha, pria yang memimpin kudeta militer di Thailand lima tahun lalu, terpilih sebagai perdana menteri negara itu.

Mantan pemimpin junta militer menjadi perdana menteri sejak kudeta.

Dia dipilih oleh parlemen pada Rabu (5/7/2019), namun pihak oposisi menuding pemilihan dilakukan secara curang karena sebagian besar Senat dipilih oleh militer.

Pemilihan yang dilakukan pada Maret di negara itu adalah yang pertama sejak 2014, alpor BBC News.

BacaDituduh Menghina Raja, Tiga Aktivis Thailand Dilaporkan Hilang

Partai oposisi Pheu Thai, terkait dengan mantan PM Thaksin Shinawatra yang digulingkan, memenangkan kursi terbanyak di majelis rendah tetapi majelis tinggi ditunjuk oleh pemerintah militer.

Karena itu, gabungan suara kedua majelis itu membuat Prayuth terpilih, meskipun ia tidak memiliki mayoritas di majelis rendah.

Militer telah dikritik karena mengambil langkah-langkah untuk memastikan itu akan tetap berpengaruh, termasuk mengubah konstitusi pada 2017.

Thailand telah dihantam oleh ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun, sebagian besar pertempuran antara pendukung militer dan mantan Perdana Menteri Thaksin.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini