nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

47 ASN Depok Absen Usai Libur Lebaran, Pegawai Bolos Akan Sulit Naik Pangkat

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 22:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 10 338 2065108 47-asn-depok-absen-usai-libur-lebaran-pegawai-bolos-akan-sulit-naik-pangkat-Bnd696Tuuf.jpg PNS di Depok masuk usai libur lebaran (Foto: Wahyu/Okezone)

DEPOK - Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Depok sudah memasuki hari pertama bekerja pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Namun pada kenyataannya ada sejumlah ASN yang masih membandel tidak masuk kerja tanpa keterangan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri mengatakan untuk mengetahui ASN yang membadel tersebut pihaknya melakukan sidak sampai ke kantor kecamatan dan kelurahan.

"Berdasarkan data terbaru BKPSDM terdapat 6.757 orang yang menjadi ASN. Kami sidak seluruh kantor ASN yang tidak hadir ada 47 orang, termasuk 23 orang sakit dan 11 tanpa keterangan. Sisanya izin," ucapnya kepada Wartawan Senin (10/6/2019).

(Baca Juga: Tjahjo: ASN Bolos Usai Libur Lebaran Disanksi Potong Tunjangan dan Skors 3 Hari)

Dia menuturkan secara persentase, jumlah ASN yang masuk hari pertama pascalibur panjang adalah 99,3 persen. Kemudian hasil pendataan itu selanjutnya wajib dilaporkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

PNS Depok

"Kita harus ada sidak, kita juga harus nginput ke MenPAN-RB terkait jumlah yang hadir hari ini, semuanya, Bagi 11 ASN yang absen tanpa keterangan, kata Supian, akan mendapat rugi berlipat-lipat. Kerugian itu antara lain pemotongan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) ASN," terang Supian.

(Baca Juga: ASN Bolos Kerja Usai Cuti Lebaran Bakal Diganjar Sanksi)

Pegawai yang mangkir dari tugas juga terancam sulit naik pangkat atau jabatan karena telah masuk buku catatan hitam Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Depok.

"Yang alpa akan dipotong tunjangan TPP-nya satu hari, kemudian nanti itu jadi bahan pertimbangan Baperjakat kalau memang tanpa keterangan, kemalasan, atau memang bolos ya, itu akan jadi catatan buat kita. Itu kan melekat di kita," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini