nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituduh Berupaya Gulingkan Pemerintah, Seorang Warga AS Terancam Hukuman Mati di Vietnam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 17:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 11 18 2065370 dituduh-berupaya-gulingkan-pemerintah-seorang-warga-as-terancam-hukuman-mati-di-vietnam-Gy2F7afF3J.jpg Ilustrasi.

HANOI – Seorang pria keturunan Vietnam-Amerika yang dituduh atas upaya menggulingkan pemerintahan akan disidangkan di Ho Chin Minh pada 24 Juni. Menurut keluarganya, pria itu kemungkinan menghadapi tuntutan hukuman mati jika dinyatakan bersalah.

Michael Nguyen telah ditahan selama hampir setahun di Vietnam, yang telah memperketat kontrolnya atas kekuasaan sejak pemerintahan baru berkuasa pada 2016. Pemerintah di Hanoi telah mengambil tindakan keras pada suara-suara oposisi dan pembangkangan dalam bentuk apa pun.

Nguyen ditahan pada Juli tahun lalu saat bepergian dengan dua aktivis dalam kunjungan ke Vietnam. Ayah dari empat anak perempuan itu dapat menghadapi hukuman mati jika terbukti bersalah.

Keluarganya mengatakan dia tidak mendapatkan akses ke pengacara selama penahanannya dan bersikeras dia tidak bersalah.

"Dia sangat dirugikan dan tidak dapat membela dengan baik terhadap tuduhan terhadap dirinya," kata sebuah pernyataan dari keluarganya di Amerika Serikat yang dilansir AFP, Selasa (11/6/2019).

Keluarga dan pengacaranya mengatakan bahwa Pengadilan terhadap Nguyen akan berlangsung pada 24-25 Juni di Kota Ho Chi Minh.

Menurut , pengacara Binh Nguyen Van Mieng, kedua aktivis itu ditangkap bersama Nguyen, Huynh Duc Thanh Binh dan Tran Long Phi, juga akan diadili bersamanya. Sidang tersebut juga menyeret ayah Binh, yang dituduh tidak melaporkan "kegiatan kriminal" yang dilakukan ketiga pria tersebut.

"Mereka hanya berhubungan satu sama lain, mereka tidak membentuk partai politik, mereka tidak berniat untuk menggantikan partai yang ada sekarang," kata pengacara itu.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa pihaknya telah mengetahui laporan bahwa seorang warga negaranya telah ditahan sejak Juli 2018 dan keselamatan warga AS di luar negeri adalah prioritas utama.

Michael Nguyen meninggalkan Vietnam pada 1975 dan menetap di AS bersama lebih dari satu juta orang yang melarikan diri dari negara itu ketika rezim komunis mengambil alih setelah Perang Vietnam.

Banyak pengungsi perang dimobilisasi melawan pemerintah komunis dari jauh, tetapi keluarga Nguyen mengatakan dia tidak terlibat dengan kelompok pembangkang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini