nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gedung Pemerintah Hong Kong Ditutup Sehari Setelah Demonstrasi Berbuntut Rusuh

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 11:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 13 18 2065968 gedung-gedung-pemerintah-hong-kong-ditutup-sehari-setelah-demonstrasi-yang-rusuh-ZSS3z23MvM.jpg Foto: Reuters.

HONG KONG – Otoritas Hong Kong menutup gedung-gedung pemerintahan di distrik finansial kota itu sampai pekan depan, sehari setelah kekerasan dalam demonstrasi terkait rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi yang akan mengizinkan Hong Kong mengirim warganya yang ditahan ke China untuk diadili.

Meski suasana telah tenang, pada Kamis pagi sekira 20 pengunjuk rasa terlihat berkeliaran di saat pembersihan di sekitar gedung parlemen Hong Kong berlangsung.

Reuters, Kamis (13/6/2019) melaporkan keamanan tetap ketat dengan sejumlah polisi berseragam dengan helm dan perisai berjaga di daerah itu, sementara barisan panjang mobil van polisi ditempatkan di sampingnya. Polisi berpakaian preman juga terlihat memeriksa identitas penumpang pada Kamis pagi.

Polisi menembakkan peluru karet, gas air mata dan semprotan merica dalam serangkaian bentrokan pada Rabu untuk memukul mundur demonstran dari gedung parlemen kota. Insiden itu adalah salah satu dari beberapa kekerasan terburuk di Hong Kong sejak Inggris mengembalikannya ke kekuasaan di kota itu ke China pada 1997.

Otoritas Rumah Sakit Hong Kong mengatakan 72 orang telah dirawat di rumah sakit pada Rabu pukul 10 malam.

RUU ekstradisi, yang akan mencakup penduduk Hong Kong dan warga negara asing dan China yang tinggal atau bepergian melalui kota itu, telah memicu kekhawatiran terkait supremasi hukum yang menopang status keuangan internasional Hong Kong.

Insiden pada Rabu adalah malam kekerasan ketiga sejak protes besar-besaran pada Minggu yang menurut penyelenggara diikuti lebih dari satu juta demonstran. Unjuk rasa tersebut merupakan salah satu yang terbesar sejak 1997. (dka)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini