nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Plesiran di Bandung, Setnov dan Petugas Sukamiskin Diperiksa

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 11:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 16 337 2066991 plesiran-di-bandung-setnov-dan-petugas-sukamiskin-diperiksa-mQOODkSbSN.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Terpidana perkara korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto (Setnov) terciduk plesiran di sebuah toko bangunan daerah Kabupaten Bandung Barat ‎bersama istrinya, Deisty Astriani Tagor. Setnov plesiran setelah mengelabui petugas pengawal Lapas Sukamiskin saat berobat di Rumah Sakit Santosa, Bandung.

Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)‎, Ade Kusmanto mengatakan, Setnov maupun petugas pengawal yang mendampingi mantan Ketua DPR tersebut telah dilakukan pemeriksaan.

"Dilakukan pemeriksaan sementara petugas pengawal S oleh tim Pemeriksa. Dilakukan pendalaman dan pemeriksaan terhadap WBP Setya Novanto," kata Ade saat dikonfirmasi, Minggu (16/6/2019).

 (Baca juga: Kronologi Setnov Pelesiran Keluar dari Lapas Sukamiskin Bandung)

Setnov sendiri telah dipindakan ke Rumah Tahanan (Rutan) Gunung Sindur, Jawa Barat. Setnov dilakukan pengamanan maksimal di Gunung Sindur, sebab Rutan tersebut sebenarnya dikhususkan untuk para teroris.

 Setnov Plesiran

Sementara, petugas Sukamiskin pengawal ‎Setnov telah mengaku bersalah saat diperiksa oleh tim pemeriksa dari Ditjen PAS Kemenkumham. Petugas pengawal Setnov mengakui kesalahannya karena tidak menjalankan tugasnya sesuai prosedur.

"Hasil pemeriksaan, mengakui ‎kesalahannya tida melaksanakan tuga sesuai standar operasional prosedur pengawalan," terang Ade.

 (Baca juga: Ditjen PAS Akui Kelalaian Sipir Lapas Sukamiskin Terkait Pelesiran Setnov)

Menurut Ade, proses pengeluaran Setnov untuk rujukan berobat di RS Santosa Bandung sudah sesuai prosedur. Hanya saja, terjadi kelalaian pada petugas pengawal Setnov saat berada di RS Santosa Bandung.

"Kelalaian terjadi ‎pada tataran petugas pengawalan di lapangan," ungkapnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini