nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3% TNI Terpapar Paham Radikalisme, Pengamat: Ada Tiga Aspek‎ yang Mempengaruhi

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 05:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 20 337 2068551 3-tni-terpapar-paham-radikalisme-pengamat-ada-tiga-aspek-8206-yang-mempengaruhi-SXqdnyRDUX.jpg TNI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu menyebut ada sekira tiga persen anggota TNI yang terpengaruh paham radikalisme. Menhan mengaku prihatin atas adanya kejadian tersebut.

ā€ˇPengamat terorisme, Al Chaidar mengaku belum mengantongi data-data tersebut. Namun, diyakininya, adanya anggota TNI yang terpapar oleh paham radikalisme besar kemungkinannya terjadi.

Menurut Al Chaidar, ada tiga aspek yang dapat mempengaruhi seseorang terpapar oleh paham radikalisme. Ketiga aspek tersebut diantaranya karena segi agama, ekonomi, dan politik.

"Secara teologis sekarang banyak orang sudah terpengaruh oleh dakwah yang disebarkan lewat berbagai media sosial tidak hanya lagi melalui televisi yang cenderung lebih formal dan bersifat banyak sensor," kata Al Chaidar kepada Okezone, Kamis (20/6/2019).

TNI

Baca Juga: Menhan: 3 Persen Prajurit TNI Terpengaruh Radikalisme

Sementara dari segi ekonomi, sambungnya, seseorang bisa menjadi radikal ketika dalam keadaan terpuruk. Ditambahkan Al Chaidar, negara saat ini bisa membentuk seseorang menjadi radikal karena banyaknya konflik.

"Militer pun sangat terpengaruh oleh problem teologis atau keagamaan," imbuhnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini