Saksi Ahli KPU Sebut Pengurangan Suara di Situng Menimpa 2 Paslon

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 20 Juni 2019 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 20 605 2068746 saksi-ahli-kpu-sebut-pengurangan-suara-di-situng-menimpa-2-paslon-MUfZQAnlTW.jpg Sidang sengketa Pilpres di MK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ahli dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Marsyudi Wahyu menjelaskan terkait perolehan suara di Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) kedua pasangan calon, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia menilai pengurangan tidak hanya menimpa salah satu pasangan calon saja.

Awalnya, Kuasa Hukum KPU Ali Nurdin menanyakan terkait dalam situng KPU tersebut apakah terjadi pengurangan suara yang terjadi kepada salah satu paslon dan sehingga dianggap merugikan.

“Apakah ahli melihat untuk data yang ada dari Situng itu apakah benar ada pengurangan untuk 02 seluruhnya pengurangan begitu,” kata Ali di ruang sidang MK, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga: Sidang DKPP Ditangguhkan Imbas Teradu Kelelahan Sidang di MK

Sidang sengketa Pilpres

Marsyudi pun menjawab bila hasil situng tidak ada pengurangan yang terjadi terhadap salah satu pasangan calon saja. Melainkan kedua pasangan calon juga mengalami hal demikian.

"Tidak (satu paslon), jadi dua-duanya ada yang ditambah dan dua-duanya ada yang dikurang,” ujar Marsyudi.

Menurut dia, kesalahan yang terjadi didalam situng lantaran salah input oleh petugas saat memasukan data ataupun kesalahan penulisan dari form C1 dari petugas TPS itu.

“Tetapi form C1 yang ada di Situng akan tetap seperti itu. Karena C1 yang di-upload adalah yang betul-betul dari TPS pada waktun selesai pemungutan suara,” tuturnya.

Baca Juga: KPU Tak Hadirkan Saksi dalam Sidang Sengketa Pilpres di MK

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini