nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Peduli Situasi Dunia, Presiden China Xi Jinping dan Kim Jong-un Sepakat Bangun Hubungan Baik

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 17:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 22 18 2069686 tak-peduli-situasi-dunia-presiden-china-xi-jinping-dan-kim-jong-un-sepakat-bangun-hubungan-baik-gkCx4zKoQG.jpg Presiden China disambut Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/Reuters

PYONGYANG - Dalam sebuah pertemuan antara Kim Jong Un Korea Utara dan Presiden China Xi Jinping pada Jumat (21/6), keduanya sepakat untuk membangun hubungan baik mereka, "apa pun situasi dunia.

Xi berkujung selama dua hari di Pyongyang. Dia adalah pemimpin China pertama yang dalam 14 tahun berkunjung ke Korea Utara, dalam 14 tahun.

Reuters mengutip media pemerintah Korut, KCNA melaporkan keduanya membahas kebijakan internal dan eksternal utama serta masalah internasional lainnya.

“Dunia mungkin berharap bahwa pemimpin China memiliki sentuhan ajaib yang dapat mengubah batu menjadi emas, tetapi tidak realistis untuk mengharapkan bahwa Xi dapat menyelesaikan semua masalah di semenanjung dengan kunjungan dua hari—meski Beijing selalu menjadi yang paling penting. Mitra yang dapat diandalkan dan penuh perhatian untuk Pyongyang, ” demikian editorial dari China Daily mengatakan pada Sabtu (22/6/2019).

"Namun Xi telah menyentuh batu yang tepat dengan berfokus pada kerja sama ekonomi untuk membantu Korut."

Minggu depan, Presiden Trump dan Xi dijadwalkan bertemu di pertemuan KTT G-20 di Jepang.

China merupakan satu-satunya sekutu besar Korea Utara dan kunjungan Xi bertujuan memperkuat negara yang terisolasi tersebut melawan tekanan dari sanksi AS atas program nuklir dan rudal miliknya serta pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini