Koalisi Prabowo Bubar, PAN Segera Putuskan Gabung ke Jokowi atau Jadi Oposisi

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 29 Juni 2019 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 29 605 2072452 koalisi-prabowo-bubar-pan-segera-putuskan-gabung-ke-jokowi-atau-jadi-oposisi-5NSJ6U9dQb.jpg Saleh Pantaonan Daulay (Foto Sindo)

JAKARTA – Prabowo Subianto sudah membubarkan Koalisi Indonesia Adil Makmur. Partai Amanat Nasional (PAN) pun segera memutuskan sikap politik apakah menjadi oposisi atau bergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Sikap itu akan diputuskan dalam rapat kerja nasional (Rakernas).

"PAN dalam waktu dekat akan melaksanakan Rakernas untuk mengetahui perkembangan dinamika politik terkini," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay kepada Okezone, Sabtu (28/6/2019).

Menurutnya PAN menghormati jika ada ajakan bergabung ke koalisi Jokowi. Namun, ia menyatakan sikap itu tak bisa diputuskan sepihak tanpa musyawarah dengan seluruh kader.

 PAN

"Tentu kita menghormati juga tawaran dari parpol tersebut. Tentu kita enggak bisa ambil langkah sendiri, kita ajak bicara dulu dengan para kader yang ada di seluruh Indonesia. Nah Rakernas itu untuk menentukan langkah ke depan dan evaluasi capaian sendiri," ujarnya.

(Baca juga: Kalah di MK, Prabowo Bubarkan Koalisi Indonesia Adil Makmur)

Sebagaimana diketahui, Prabowo Subianto resmi mengumumkan pembubaran Koalisi Indonesia Adil Makmur, Jumat 29 Juni kemarin, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak semua gugatan yang diajukannya.

Koalisi Indonesia Adil dan Makmur terdiri dari Gerindra, PKS, PAN, Demokrat dan Berkarya, mengusung Prabowo-Sandiaga Uno melawan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Pengumuman pembubaran koalisi kemarin dihadiri lima sekjen kelima partai yakni Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak juga hadir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini