Tugas TKN Selesai, Tak Akan Terlibat Merancang Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 02 Juli 2019 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 02 605 2073879 tugas-tkn-selesai-tak-akan-terlibat-merancang-kabinet-jokowi-ma-ruf-LYMsFMIkvn.jpg Wakil Ketua TKN, Arsul Sandi (Foto: Okezone)

BOGOR - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Arsul Sani memastikan tugas TKN dalam pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin telah selesai. TKN tidak akan terlibat dalam merancang kabinet, karena pembentukannya hanya untuk memenangkan petahana di Pilpres 2019.

"Saya kira tidak (ikut membentuk kabinet) karena tugas TKN itu kan adalah mengawal pemenangan Jokowi-Ma'ruf, dan tugas itu sudah selesai dengan ditetapkannya Jokowi dan Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada hari Minggu yang lalu," kata Arsul di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/7/2019) malam.

Baca Juga: Jokowi Terima Pendukungnya di Istana Bogor 

Menurut dia, TKN juga tak mempunyai porsi dalam hal menentukan dan melihat rekam jejak orang-orang yang akan menjadi menteri Jokowi tersebut. "Namun tentu, TKN secara pribadi-pribadi katakanlah mengusulkan nama, ya boleh saja, itu kan tidak dilarang," ujarnya.

Jokowi-Maruf Amin 

Arsul tak menampik bila nantinya TKN dan TKD akan dilibatkan dalam mengawal jalannya program pemerintahan. Meski demikian, kata dia, Jokowi yang akan memiliki hak prerogatif untuk menunjuk siapa-siapa yang akan diajaknya untuk bekerja di pemerintah.

"Ya TKN sebetulnya secara resmi walaupun tidak dibubarkan dalam pertemuan malam ini, namun dari sisi tugas-tugas itu kan sudah selesai," ujarnya.

Baca Juga: Giliran PKB Temui Jokowi Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini