Bayi Berusia 7 Hari Meninggal Dunia Terkena Virus Rubbella

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Rabu 03 Juli 2019 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 03 340 2074113 bayi-berusia-7-hari-meninggal-dunia-terkena-virus-rubbella-F5p9rNRrfT.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

PEKANBARU - Seorang bayi warga Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau meninggal dunia. Keterangan pihak rumah sakit, bayi yang baru berusia 7 hari ini meninggal dunia karena terinveksi penyakit rubella (campak jerman).

"Dari hasil pemeriksaan tim medis, bayi tersebut positif terkena virus rubella dan dinyatakan meninggal dunia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir kepada Okezone, Rabu (3/7/2019).

 Baca juga: Respons Dinkes Kediri soal Anak Lumpuh Usai Vaksin MR

Dia menerangkan, bahwa bayi berusia 7 hari itu merupakan buah hati dari E dan ayahnya I warga Desa Meskom. Bayi yang kena virus biasanya menginfeksi tubuh melalui pernapasan seperti hidung dan tenggorokan tersebut. Bayi yang lahir pada 22 Juni 2019 itu lahir dengan sesar.

"Bayi tersebut lahir secara SC karena ada rekom dari dokter kandungan ada cairan di kepala," imbuhnya.

 Baca juga: MUI Janji Terjun Atasi Rubella, Penyakit yang Bisa Jadi 'Beban Luar Biasa'

Rubella

Mimi merincikan, saat lahir bayi tersebut memiliki berat badan 2.600 gram dengan panjang 47 centimeter lingkar kepala 33 centimeter.

"Kelainan lain adalah bayi tersebut muntah muntah, katarak mata kanan, kelainan jantung dan hidrocephalus," ujar Mimi.

Karena ada kelaiman, bayi tersebut dirawat intensi di NICU dan ditpisahkan dengan bayi bayi yang lain. Pihak rumah sakit mengirim sampel darah ke laboratorium Paramita Pekanbaru pada 25 Juni 2019 dan pada 27 Juni 2019 hasil laboratorium menyebutkan bayi tersebut positif rubella.

"Setelah itu bayi mulai dipasang ventilator karena kondisi bayi sejak lahir mengalami kelainan jantung. Setelah itu kondisinya mulai memburuk. Terus mendapatkan setelah dinyatakan rubbela, akhirnya bayi itu meninggal dunia pada 29 Juni 2019," imbuh Mimi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini