nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Stromboli di Italia Meletus, Seorang Pendaki Tewas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 11:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 04 18 2074495 gunung-stromboli-di-italia-meletus-seorang-pendaki-tewas-zqdyEZo4e5.jpg Gunung Stromboli meletus. Foto/EPA

SISILIA - Gunung berapi Stromboli di Italia meletus, menewaskan seorang pendaki, mengeluarkan abu dan menyelimuti tujuan wisata populer itu dengan asap.

Petugas pemadam kebakaran setempat mengutip The Guardian, Kamis (4/7/2019) mengatakan, seorang turis yang sedang mendaki gunung tewas dan sejumlah lainnya terluka.

Gunung Stromboli yang berada di dekat dengan pulau Salina meletus pada Rabu (3/7/).

Banyak wisatawan mendaki ke puncak gunung berapi yang memiliki ketinggian 924 meter tersebut dan melihat kawahnya.

"Rasanya seperti berada di neraka karena hujan api datang dari langit," kata kantor berita Italia mengutip seorang pendeta lokal, Giovanni Longo.

Foto/EPA

Michela Favorito, yang bekerja di sebuah hotel dekat Ficogrande, di sisi timur pulau itu, mengatakan, “Kami mendengar ledakan dari hotel. Terdengar keras. Kami menutup telinga kami dan setelah itu awan abu menyapu kami. Seluruh langit penuh abu, awan yang cukup besar."

Baca JugaLongsoran Salju di Pegunungan Alpen Tewaskan Sedikitnya 10 Orang

Baca JugaErupsi Gunung Etna di Italia Berlangsung Berpekan-pekan

Tiga puluh orang dievakuasi dari desa Ginostra dengan kapal menuju lokasi yang aman.

Wali kota pulau terdekat Salina, Domenico Arabia, mengatakan bahwa pantai-pantai di pulau itu telah ditutup untuk pencegahan.

Fiona Carter, seorang turis Inggris di pulau Panarea, 17 mil (27 km) dari Stromboli, mendengar ledakan itu.

“Kami berbalik untuk melihat awan datang dari Stromboli. Semua orang kaget. Kemudian lava merah panas mulai mengalir menuruni gunung menuju desa kecil Ginostra,” katanya.

“Awan menjadi lebih besar, putih dan abu-abu. Itu menyelimuti Ginostra dan sekarang awan telah menutupi Stromboli sepenuhnya. Beberapa kapal berangkat ke Stromboli.”

Marco Neri, seorang ahli vulkanologi dari Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia, mengatakan letusan sangat jarang terjadi di Stromboli—terakhir pada tahun 2007.

"Hari ini adalah ledakan yang sangat kuat. Abu dan lapili [fragmen batu] kelaur hingga dua kilometer sebelum mendarat di tanah dan mengenai sisi gunung. Ini menyebabkan banyak kebakaran. Untungnya, erupsi telah mereda sekarang,” katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini