nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pascagempa Magnitudo 7 Guncang Ternate, Warga Kembali Beraktivitas Normal

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 08 340 2075999 pascagempa-magnitudo-7-guncang-ternate-warga-kembali-beraktivitas-normal-EaDo1Wu4yo.jpeg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Kasi Pencegahan BPBD Kota Ternate, Mansur, mengatakan kondisi Kota Ternate pascagempa magnitudo 7,0 yang terjadi pada Minggu (7/8/2019) malam kini sudah kembali normal. Warga sudah kembali beraktivitas seperti biasanya.

"Kondisi untuk Kota Ternate sekarang sudah kondusif, warga sudah beraktivitas seperti sedia kalanya. Pegawai sudah masuk kantor, orang sudah ke pasar," kata Mansur saat dikonfirmasi Okezone, Senin (8/7/2019).

Berdasarkan pantauan anggota BPBD Ternate, kata Mansur, sejak malam hingga siang ini belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

"Dari hasil pantauan personel BPBD dari malam hingga siang ini tidak terdapat kerusakan yang timbul dari gempa semalam. Kerusakan tidak ada fisik bangunan sampai saat ini belum ada laporan," ucapnya.

Ilustrasi (Shutterstock)

Kendati demikian, saat ini pihaknya masih terus siaga guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi.

"Kami tetap meysiagakan personel kami untuk sewaktu-waktu mantau di lapangan apabila ada perkembangan di lapangan kami selalu siaga mudah-mudahan enggak ada gempa susulan," tuturnya.

Adapun terkait warga yang sempat panik dan mengungsi di rumah sanak saudaranya lantaran ada peringatan dini tsunami sudah kembali kerumahnya masing-masing. Ia memastikan tidak ada warga yang mengungsi pascaperingatan dini tsunami dicabut.


Baca Juga : Warga Pesisir Ternate Enggan Kembali ke Rumah Pascagempa Magnitudo 7

"Enggak ada dia ngungsi kan dia hindari aja dari peringatan dini tsunami tadi malam itu kan dia panik, dia (lari ngungsi) ke keluarga jadi menghindari ke titik kumpul yang aman. Setelah diakhiri peringatan dini tsunami, kita menindaklanjuti peringatan itu untuk segera mengimbau warga untuk kembali ke rumah. Tadi pagi mereka sudah kembali ke rumah," tuturnya.


Baca Juga : Pascagempa Magnitudo 7, Warga Ternate yang Mengungsi Mulai Kembali ke Rumah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini